Menjalankan Tugas Negara, Karyawan Masih Berhak Terima Gaji?

Bacaan 4 Menit
Menjalankan Tugas Negara, Karyawan Masih Berhak Terima Gaji?
Pertanyaan
Dalam PKB yang mengatur tentang cuti di luar tanggung jawab perusahaan disebutkan bahwa salah satu alasan untuk mengambil cuti tersebut adalah menjalankan tugas negara, namun tidak dijelaskan lebih detail apakah yang dimaksud menjalankan tugas negara. Dan apakah perusahaan tetap wajib membayar gajinya? Mohon penjelasannya.
Intisari Jawaban
Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sebagaimana telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja mengatur sejumlah alasan yang karenanya pekerja diperbolehkan tidak bekerja, namun tetap berhak atas upah.
 
Selain itu, dapat juga diatur mengenai cuti di luar tanggung jawab perusahaan, dalam artian perusahaan tidak wajib membayar upah pekerja yang bersangkutan, di dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.
 
Lalu, apakah menjalankan kewajiban negara termasuk alasan tidak bekerja yang masih mewajibkan perusahaan untuk membayar upah, atau dapat diatur sebagai alasan cuti di luar tanggung jawab perusahaan?
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.