Cara Menikah Kembali Setelah Bercerai karena Emosi Sesaat

Bacaan 7 Menit
Cara Menikah Kembali Setelah Bercerai karena Emosi Sesaat
Pertanyaan
Mohon penjelasannya. Jadi, saya baru bercerai dengan mantan suami setahun lalu, dan saya akui itu emosi sesaat saya yang mengajukan sampai akhirnya ada putusan. Tapi selang beberapa bulan ternyata hubungan kami bisa membaik sampai akhirnya sekarang kami bersama lagi dan memutuskan menikah lagi. Pertanyaan saya, syarat menikah lagi di KUA, apakah harus memperbarui KTP dan KK, sedangkan KTP dan KK kami masih seperti dulu tidak sempat diperbarui status karena kami berhubungan baik lagi. Apakah bisa mengajukan nikah lagi, dengan status KTP dan KK kami yang dulu? Mohon bantuan infonya.
Intisari Jawaban

Sebelum memutuskan menikah kembali, perlu diketahui bahwa tidak semua perceraian dalam Islam dapat dilakukan rujuk dan/atau menikah kembali. Perceraian yang terhadapnya masih dapat dilakukan rujuk dan/atau kawin kembali hanyalah talak yang termasuk ke dalam talak raj’i dan talak ba’in sughra.

Talak seperti apa yang termasuk kategori tersebut? Dan masih bisakah pasangan yang telah bercerai mendaftarkan kehendak nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) apabila data dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) belum diperbarui?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.