Cara Mempertahankan dan Membuktikan Rahasia Dagang

Bacaan 9 Menit
Cara Mempertahankan dan Membuktikan Rahasia Dagang
Pertanyaan

Karena rahasia dagang tidak perlu didaftarkan untuk mendapat perlindungan dan tidak boleh pula diketahui publik agar menjaga kerahasiaannya. Lalu, bagaimanakah pembuktian adanya pelanggaran terhadap rahasia dagang? Misalnya ada dugaan perusahaan yang menggunakan proses, metode atau bahan yang sama dengan perusahaan saya, bagaimana pembuktiannya bahwa itu adalah rahasia dagang yang mendapat perlindungan dan membuktikan bahwa saya yang pertama untuk memakainya? Apakah ada istilah “iktikad baik” ketika ternyata proses atau bahan itu adalah rahasia dagang orang lain? Jika mengikutsertakan pihak lain untuk pembuktiannya, bukankah itu berarti membuka rahasia dagang kepada pihak lain dan pihak dalam sengketa, sehingga tidak menjadi rahasia lagi?

Intisari Jawaban

Rahasia dagang mendapat perlindungan apabila informasi tersebut bersifat rahasia, mempunyai nilai ekonomi, dan dijaga kerahasiaannya melalui upaya sebagaimana mestinya.

Pelanggaran atas rahasia dagang dapat diajukan gugatan perdata berupa ganti rugi dan penghentian perbuatan maupun sanksi pidana berdasarkan delik aduan. Dalam persidangan, demi menjaga kerahasiaan, hakim dapat memerintahkan agar sidang dilakukan secara tertutup atas permintaan para pihak.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.