Langkah Hukum Jika Penyewa Ruko Tak Mau Pergi Setelah Masa Sewanya Habis

Bacaan 5 Menit
Langkah Hukum Jika Penyewa Ruko Tak Mau Pergi Setelah Masa Sewanya Habis
Pertanyaan
Selamat malam, saya sebagai orang yang awam dalam masalah hukum mau menanyakan persoalan yang saya alami berikut ini. Bahwa saya mempunyai ruko yang disewakan kepada orang lain dan digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat usaha. Dikarenakan ruko tersebut mau saya jual maka saya tidak memperpanjang masa sewa kios tersebut, namun timbul persoalan karena si penyewa tidak mau mengosongkan ruko tersebut, bahkan sudah selama beberapa bulan tidak membayar uang sewa. Seandainya saya ingin melaporkannya ke polisi agar persoalannya segera ada penyelesaian, pasal apa yang dapat saya ajukan? Terima kasih atas jawabannya.
Intisari Jawaban
Definisi sewa menyewa berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata adalah suatu persetujuan, dengan mana pihak yang satu mengikatkan diri untuk memberikan kenikmatan suatu barang kepada pihak yang lain selama waktu tertentu, dengan pembayaran suatu harga yang disanggupi oleh pihak tersebut terakhir itu.
 
Dalam sewa menyewa, kewajiban pihak yang satu yaitu menyerahkan barangnya untuk dinikmati oleh pihak yang lain, sedangkan kewajiban pihak yang terakhir ini, membayar sewa. Jadi barang itu diserahkan tidak untuk dimiliki tetapi hanya bersifat menyerahkan kekuasaan belaka atas barang yang disewa itu.
 
Lalu, upaya hukum apa yang dapat dilakukan jika penyewa ruko tidak mau pergi setelah masa sewanya habis?
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.