Status Barang Impor yang Ditahan Otoritas Bea Cukai

Bacaan 8 Menit
Status Barang Impor yang Ditahan Otoritas Bea Cukai
Pertanyaan
Saya kena tipu di salah satu situs online. Penjual mengaku barang yang dipasok adalah barang impor, original dan ada garansi resmi 1 tahun. Ternyata waktu proses pengiriman tertangkap bea cukai dan ketahuan barang BM (black market). Saya bakal dikenakan pasal penadahan oleh pihak bea cukai dan dimintai sekian jumlah dana buat penghapusan BAP penadahan atas nama saya. Kemudian saya mentransfer sejumlah uang tersebut karena saya takut ditangkap sebagai penadah, namun karena makin lama makin banyak jumlah yang harus ditransfer dan berulang ulang, hingga akhirnya saya tidak transfer lagi. Saya menyesal setelah kejadian ini dan berharap dapat menjelaskan posisi saya sebagai korban yang dari awal sudah memastikan keaslian barang ke penjual namun ternyata saya sendiri juga ditipu. Mohon bantuannya bagaimana agar saya tidak terjerat pasal penadahan mengingat saya tidak ada niat untuk membeli barang BM dan apakah uang yang saya transfer bisa kembali ke saya atau tidak?
Intisari Jawaban
Barang black market (“BM”) adalah barang-barang yang diperdagangkan di pasar ilegal yang dilarang atau dibatasi oleh pemerintah. Jika suatu peraturan perundang-undangan mengatur bahwa suatu barang dilarang untuk diproduksi dan diperdagangkan, maka barang tersebut termasuk barang BM. Sebagai contoh adalah perdagangan narkotika dan perdagangan orang. Termasuk dalam pengertian barang BM adalah barang yang diperdagangkan dengan menghindari pajak.
 
Hal ini berbeda dengan barang impor untuk dipakai yang ditahan oleh otoritas bea cukai karena belum melunasi bea masuk atau pajak lainnya.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.