THR Belum Dibayar, Bisakah Jadi Dasar untuk Mempailitkan Perusahaan?

Bacaan 8 Menit
THR Belum Dibayar, Bisakah Jadi Dasar untuk Mempailitkan Perusahaan?
Pertanyaan

THR karyawan PT A disepakati untuk dicicil sebagai imbas dari wabah COVID-19. Namun sampai saat ini, kami masih belum juga menerima pembayaran THR yang dijanjikan itu. Apakah ini bisa kami jadikan dasar untuk mengajukan permohonan pailit ke PT A atau diselesaikan melalui tahapan dalam UU Ketenagakerjaan saja?

Intisari Jawaban

Tunjangan Hari Raya (“THR”) merupakan suatu kewajiban yang harus dibayarkan oleh pengusaha kepada seluruh pekerjanya. Akibat pandemi COVID-19, tak dipungkiri terdapat perusahaan yang terkena dampak dan masih belum dapat membayar THR, oleh karenanya Menteri Ketenagakerjaan telah menerbitkan surat edaran sebagai pedoman pembayaran THR di masa pandemi COVID-19.

Mengenai THR yang tidak kunjung dibayarkan kepada pekerja pada dasarnya termasuk sebagai perselisihan hak dalam perselisihan hubungan industrial dan belum dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengajukan permohonan kepailitan, sebab rekan-rekan sesama pekerja merupakan suatu kesatuan dan tidak berdiri sendiri-sendiri. Sehingga, syarat kepailitan dua atau lebih kreditor belum terpenuhi.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika