Hukumnya Jika Keluarga Menyembunyikan Penyalahguna Narkotika

Bacaan 9 Menit
Hukumnya Jika Keluarga Menyembunyikan Penyalahguna Narkotika
Pertanyaan
Saya mau bertanya, salah satu keluarga saya ada yang menjadi pemakai narkoba, dan bahkan ikut mengajak teman atau saudara yang lain untuk ikut dalam penggunaan narkotika. Saya mengancam akan melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila masih menggunakan narkoba di lingkungan rumah, namun saya malah diancam oleh semua keluarga untuk diam dan tutup mulut, dan semua keluarga justru melarang saya melaporkan ke pihak berwajib terkait penyalahgunaan narkotika. Apakah ada undang-undang atau sanksi yang mengatur tentang orang-orang yang melindungi pelaku penyalahgunaan narkotika. Sanksi apa yang akan didapatkan oleh orang yang melindungi pelaku penyalahgunaan narkotika?
Intisari Jawaban
Penggunaan narkotika tanpa hak atau melawan hukum yang jenis dan penggolongannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika adalah kejahatan yang diancam dengan pidana penjara.
 
Di sisi lain, dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana diatur pula jerat pidana bagi siapa saja yang dengan sengaja menyembunyikan orang yang melakukan kejahatan.
 
Apakah hal ini berarti menyembunyikan salah satu anggota keluarga yang merupakan penyalahguna narkotika merupakan perbuatan pidana?
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.
Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika