Mencelakai Pelaku Prank karena Kaget, Bisakah Dipidana?

Bacaan 5 Menit
Mencelakai Pelaku <i>Prank</i> karena Kaget, Bisakah Dipidana?
Pertanyaan

Melihat video prank atau lelucon yang beredar, yaitu salah satunya membuat kaget target prank dengan dikagetkan munculnya pelaku prank yang mengenakan kostum hantu, biasanya terjadi di lift, saat membuka pintu, atau bahkan di jalan raya. Apakah target prank terkena pelanggaran hukum jika target prank merespon dengan melakukan sesuatu yang bisa melukai bahkan sampai menghilangkan nyawa pelaku prank? Karena posisi target prank mengira kalau yang diliat itu benar-benar hantu, sehingga target prank misalnya memukul pelaku prank hingga tewas, atau misalkan pelaku prank di jalan raya yang mengageti pengendara motor, lalu target prank menabrak pelaku prank hingga tewas. Apakah target prank bisa dikenai pelanggaran hukum? Kalau punya, pasal berapa yang akan dikenakan?

Intisari Jawaban

Kesesatan fakta atau feitelijke dwaling adalah suatu kekeliruan yang dilakukan dengan tidak sengaja yang tertuju pada salah satu unsur perbuatan pidana. Adanya kesesatan fakta tersebut mengakibatkan pelakunya, atau dalam hal ini korban prank yang bereaksi terhadap tindakan prank, tidak dapat pidana.

Lain halnya apabila korban prank telah mengetahui bahwa ia sebagai objek dari aksi prank, namun kemudian dengan sengaja melakukan pemukulan atau menabrak pelaku prank hingga menyebabkan pelaku meninggal dunia. Dalam hal ini korban prank dapat dijerat pidana.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.