Dapatkah Melaporkan Kembali Pelaku yang Belum Sempat Diproses Hukum?

Bacaan 7 Menit
Dapatkah Melaporkan Kembali Pelaku yang Belum Sempat Diproses Hukum?
Pertanyaan

Satu tahun yang lalu terjadi peristiwa penganiayaan oleh 7 orang. Pihak korban sudah melaporkan ke polisi dan sudah diproses secara hukum. Ketika itu hanya 3 orang pelaku yang diproses sampai ke PN karena yang 4 tidak cukup bukti. Akhirnya yang 3 divonis 6 bulan dipotong masa tahanan. Kemudian setahun kemudian, 4 pelaku lainnya ternyata cukup bukti dan bahkan saksi ikut melakukan penganiayaan itu. Apakah yang 4 orang dan saksi dapat dilaporkan lagi oleh korban ke polisi? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Secara singkat, korban dapat melaporkan kembali 4 orang dan saksi yang belum sempat diproses hukum apabila syarat adanya minimal 2 alat bukti yang sah dapat terpenuhi.

Untuk tahap penyidikan, yang dimaksud 2 alat bukti yang sah adalah 2 dari 3 alat bukti dalam Pasal 184 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana, yakni keterangan saksi, keterangan ahli, dan surat.

Sebab dapat dipahami karena alat bukti petunjuk dan keterangan terdakwa merupakan alat bukti yang hanya dapat digunakan oleh hakim dalam tahap ajudikasi (di pengadilan), bukan digunakan oleh organ sistem peradilan pidana dalam tahap pra-ajudikasi.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.