Cara Ketahui Kabar Anggota Keluarga di Lapas Selama Pandemi COVID-19

Bacaan 4 Menit
Cara Ketahui Kabar Anggota Keluarga di Lapas Selama Pandemi COVID-19
Pertanyaan

Saya memiliki saudara yang sedang di dalam lapas, 2 hari yang lalu saya melihat berita bahwa tahanan-tahanan di dalam lapas banyak yang terkena virus COVID-19. Bolehkah saya menggunakan hak saya untuk meminta informasi siapa saja yang terkena COVID-19 di dalam lapas? Karena dari kemarin pihak keluarga belum diberitahu nasib saudara saya terkena atau tidak.

Intisari Jawaban

Dalam rangka mengantisipasi perkembangan penyebaran COVID-19 di unit pelaksana teknis pemasyarakatan diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, dan sinergis antar jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Pemerintah Daerah, sehingga dikeluarkan Instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-08.OT.02.02 Tahun 2020 tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian dan Pemulihan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (“Instruksi Dirjen Pemasyarakatan 08/2020”) yang membagi wilayah berdasarkan 2 (dua) zona yaitu zona kuning yaitu wilayah yang belum ada kasus terkonfirmasi COVID-19 dan zona merah yaitu wilayah yang sudah ada kasus terkonfirmasi COVID-19.

Menurut Instruksi Dirjen Pemasyarakatan tersebut, identitas narapidana yang terkonfirmasi terjangkit COVID-19 memang tidak boleh dipublikasikan. Lalu bagaimana jika keluarga narapidana ingin mengetahui kondisi narapidana di lembaga pemasyarakatan (“Lapas”)?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.