Syarat-syarat Pengadopsian Anak

Bacaan 5 Menit
Syarat-syarat Pengadopsian Anak
Pertanyaan

Saya kemarin baru melahirkan dan saya menemukan pengadopsi lewat grup Facebook adopsi anak, dan anak saya telah diadopsi oleh orang tersebut. Namun usia orang tersebut baru 19 tahun, dan rumahnya sangat jauh sekali dari SD, SMP, dan SMK, bahkan rumahnya sangat jauh dari pukesmas maupun bidan. Saya ingin mengambil anak saya kembali, apakah bisa? Karena saya kasihan dengan anak saya. Rumah pengadopsi sangat jauh dengan pukesmas dan bidan takutnya jika terjadi sesuatu, susah. Namun saya sudah tanda tangan di atas meterai, apakah bisa saya mengambil anak saya lagi?

Intisari Jawaban

Pengangkatan/pengadopsian anak harus dilakukan melalui prosedur yang diatur dalam perundang-undangan yang berlaku, dan disahkan melalui langkah terakhir dengan adanya penetapan pengadilan bahwa anak angkat tersebut adalah sah sebagai anak angkat dari orang tua angkat yang mengajukan permohonan pengangkatan anak.

Apabila pengangkatan anak dilakukan tanpa melalui prosedur yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, maka pengangkatan anak tersebut menjadi tidak sah, sehinggatidak ada hubungan hukum antara orang tua angkat dan juga anak angkat.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika