Bocorkan Identitas Pelapor Pelanggaran PPKM, Ini Jerat Hukumnya

Bacaan 8 Menit
Bocorkan Identitas Pelapor Pelanggaran PPKM, Ini Jerat Hukumnya
Pertanyaan

Karena percaya identitas pelapor akan dirahasiakan, seseorang melaporkan pelanggaran PPKM yang dilihatnya menggunakan suatu aplikasi milik pemerintah. Tapi, ternyata aparat Satpol PP yang bertugas membocorkan identitas pelapor yang mengakibatkan si pelapor dipersekusi masyarakat yang dilaporkan. Kejadian tersebut pun menjadi viral dan menyebabkan turunnya kepercayaan publik terhadap pemerintah. Adakah jerat hukum yang dapat dikenakan terhadap petugas tersebut?

Intisari Jawaban

Perbuatan membocorkan identitas pelapor pelanggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (“PPKM”) oleh aparat ini berkaitan dengan rahasia jabatan. Adapun rahasia jabatan adalah rahasia yang menyangkut tugas dalam suatu jabatan badan publik atau tugas negara lainnya yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Informasi yang berkaitan dengan rahasia jabatan tidak dapat diberikan pada publik.

Pelanggaran atas rahasia jabatan tersebut dapat dijerat Pasal 322 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman pidana penjara maksimal 9 bulan atau denda maksimal Rp9 juta.
Selain itu, jika Satpol PP yang bertugas itu berstatus PNS, ia dapat dikenakan hukuman disiplin, karena melanggar kewajibannya memegang rahasia jabatan yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus dirahasiakan.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.