Hukuman Bagi Anak yang Menganiaya Psikis Orang Tua

Bacaan 4 Menit
Hukuman Bagi Anak yang Menganiaya Psikis Orang Tua
Pertanyaan

Banyak sumber yang menyatakan penganiayaan yang dilakukan anak usia di atas 20 tahun terhadap orang tua, itu merujuk ke Pasal 351 KUHP. Namun dari artikel yang ada, saya masih kurang paham dan merasa kurang kuat. Apabila si anak ini menganiaya orang tuanya, berperilaku buruk, mengancam, mengeksploitasi dan penganiayaan dilakukan secara mental (belum sampai memukul/melukai) orang tuanya, apakah pasal ini masih sesuai, atau ada pasal/aturan lain yang bisa mengamankan kejahatan ini? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Bentuk penganiayaan yang dilakukan oleh anak kepada orang tua sebagaimana Anda sebutkan dalam kronologis, dilakukan belum sampai memukul atau melukai, sehingga kami asumsikan penganiayaan itu tidak sampai menimbulkan rasa sakit atau luka pada tubuh, melainkan dilakukan dengan menyerang psikis.

Jika menilik dari Kitab Undang-Undang Hukum Pidana memang tidak mengenal penganiayaan psikis, namun karena dilakukan dalam lingkup rumah tangga, perbuatan ini berpotensi dijerat dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga tentang kekerasan psikis.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.