Bolehkah Serikat Pekerja dari Luar Perusahaan Mewakili Pekerja dalam Gugatan PHI?

Bacaan 5 Menit
Bolehkah Serikat Pekerja dari Luar Perusahaan Mewakili Pekerja dalam Gugatan PHI?
Pertanyaan

Sahabat kami sedang menempuh upaya hukum terhadap PHK yang dilakukan perusahaan tempat ia bekerja melalui tingkat DPP SP/SB di luar perusahaan. Sebagai keterangan tambahan, ia bergabung sebagai anggota serikat karena di tempat ia bekerja tidak terpenuhi 10 orang sebagai syarat pembentukan SP/SB sebagaimana yang dimaksud UU Nomor 21 tahun 2000 tentang SP/SB. Dengan dasar tersebut kemudian ia bergabung menjadi anggota di DPP SP/SB di luar perusahaan.

Pertanyaan dasar:

  1. Bisakah sahabat kami menempuh upaya hukum bersama SP/SB yang dibentuk di luar perusahaan?
  2. Dapatkah pekerja/buruh yang belum memiliki Pengurus Unit Kerja di dalam perusahaan tempat ia bekerja diadvokasi oleh SP/SB di luar perusahaan sampai tingkat PHI?
  3. Apakah sah DPP SP/SB mengadvokasi pekerja yang belum memiliki PUK di dalam perusahaan?
  4. Apakah hakim memberi putusan NO terhadap gugatan pekerja yang belum memiliki PUK di dalam perusahaan? Terima kasih atas kesempatan dan jawaban yang diberikan.
Intisari Jawaban

Setiap pekerja/buruh berhak untuk membentuk dan menjadi anggota serikat pekerja/buruh yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demoktratis, dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tidak ada pengertian yang berbeda antara Serikat Pekerja/Serikat Buruh (“SP/SB”) yang dibentuk dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan, hanya saja dalam setiap pelaksanaan dan keanggotaannya harus merujuk pada ketentuan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (“AD/ART”) SP/SB yang diikuti dan juga seorang pekerja/buruh hanya boleh menjadi anggota dalam satu SP/SB saja.

Lalu, bolehkah SP/SB dari luar perusahaan mewakili pekerja hingga tingkat Pengadilan Hubungan Industrial?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.