Komite Sekolah Tarik Pungutan Berkedok Sumbangan, Ini Hukumnya

Bacaan 5 Menit
Komite Sekolah Tarik Pungutan Berkedok Sumbangan, Ini Hukumnya
Pertanyaan

Saya hanya ingin tahu tentang hak warga negara dalam memperoleh pendidikan, kemudian hak dinas pendidikan dan komite sekolah dalam menentukan biaya masuk peserta didik baru. Apakah semua memang ada aturannya? Jika pada akhirnya selalu ada biaya masuk sekolah dengan istilah dana sumbangan pendidikan. Kenapa sumbangan harus ditentukan jumlahnya? Sumbangan itu sukarela, semampunya, tidak memberatkan. Terima kasih.

Intisari Jawaban

Dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (“PPDB”), sekolah dengan kriteria tertentu dilarang memungut biaya pelaksanaan PPDB.

Di sisi lain, komite sekolah dapat melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dalam bentuk bantuan pendidikan dan/atau sumbangan, tapi tidak boleh berupa pungutan.

Jika komite sekolah menarik ‘dana sumbangan pendidikan’ yang ditentukan jumlah dan jangka waktu pemungutannya, bersifat wajib, dan mengikat bagi peserta didik dan orang tua/walinya, maka dana tersebut bukanlah sumbangan, melainkan pungutan. Sebab, sumbangan diberikan secara sukarela dan tidak mengikat satuan pendidikan.

Dalam hal komite sekolah tetap menarik pungutan, upaya apa yang bisa dilakukan?
 

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.