Bolehkah Melarang Karyawan yang Belum Divaksin COVID-19 Masuk Kerja?

Bacaan 7 Menit
Bolehkah Melarang Karyawan yang Belum Divaksin COVID-19 Masuk Kerja?
Pertanyaan

Saya bekerja di salah satu perusahaan swasta di Indonesia. Di perusahaan saya bekerja ada peraturan baru yang dibuat oleh perusahaan untuk permasalahan vaksin COVID-19. Dimana di salah satu aturan tersebut menyatakan karyawan yang belum atau tidak mau melakukan vaksin COVID-19 dilarang untuk masuk kerja dengan ketentuan tidak dibayar upahnya (no work no pay). Dan dimana aturan tersebut tidak ada dalam PKB yang ada di perusahaan saya bekerja. Pertanyaannya apakah diperbolehkan perusahaan melakukan hal demikian dan jika tidak diperbolehkan, apa dasar hukum karyawan untuk membela dirinya? Sekian terima kasih.

Intisari Jawaban

Pada dasarnya, setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin COVID-19 berdasarkan pendataan yang dilakukan Kementerian Kesehatan wajib mengikuti vaksinasi COVID-19. Namun ada pula yang dikecualikan apabila tidak memenuhi kriteria untuk divaksin.

Jika masyarakat yang wajib mengikuti vaksinasi tapi tidak melaksanakannya, ia dapat dikenakan sanksi administratif, bahkan pidana jika perbuatan tersebut mengakibatkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan COVID-19.

Selain konsekuensi tersebut, bolehkah perusahaan mengatur larangan bagi pekerja yang belum divaksinasi COVID-19 untuk tidak masuk bekerja, yang mengakibatkan upahnya tidak dibayar?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika