Peraturan Pengurus Besar Esports Indonesia, Hanya Berlaku untuk Anggota?

Bacaan 5 Menit
Peraturan Pengurus Besar Esports Indonesia, Hanya Berlaku untuk Anggota?
Pertanyaan

Sehubungan dengan dibentuknya Pengurus Besar Esports Indonesia ("PBESI"), PBSI menerbitkan Peraturan PBESI Nomor 34 Tahun 2021. Yang ingin saya tanyakan, apakah peraturan tersebut harus ditaati oleh masyarakat umum atau hanya anggotanya saja? Hal ini karena Pasal 39 Peraturan PBESI Nomor 34 Tahun 2021 menyebutkan bahwa "Penerbit Game wajib mendaftarkan game ke PBESI untuk dapat beroperasi." yang mana menurut saya hal tersebut berdampak ke masyarakat luas. Kemudian apakah peraturan tersebut dapat digugat ke MK?

Intisari Jawaban

Pengurus Besar Esports Indonesia (“PBESI”) merupakan organisasi berbadan hukum privat, sehingga seharusnya Peraturan PBESI merupakan peraturan yang berlaku bagi anggota maupun sektor tertentu saja. Dalam hal ini Penerbit Game bisa saja di luar organisasi, namun Penerbit Game merupakan subjek yang bersangkutan dengan visi dan misi dari organisasi tersebut, sehingga peraturan tersebut berlaku khusus.

Peraturan tersebut tidak dapat digugat ke Mahkamah Konstitusi (“MK”) karena MK hanya menangani, mengadili, dan menguji Undang-Undang terhadap UUD 1945.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.