Bolehkah Serikat Pekerja Mewakili Pekerja yang Bukan Anggotanya?

Bacaan 5 Menit
Bolehkah Serikat Pekerja Mewakili Pekerja yang Bukan Anggotanya?
Pertanyaan

Selamat siang, saya bekerja di sebuah perusahaan yang tidak memiliki serikat buruh. Saat ini, saya ingin melakukan perundingan dengan meminta bantuan ke serikat buruh tingkat kabupaten. Pertanyaan saya, apakah ada dasar hukum yang membolehkan atau melarang karena saya bekerja di perusahaan yang tidak ada serikat, tetapi saya justru meminta bantuan serikat pekerja untuk mendampingi saya dalam proses negosiasi PHK? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Serikat pekerja/buruh yang telah mempunyai nomor bukti pencatatan berhak mewakili pekerja/buruh sebagai pihak dalam penyelesaian perselisihan industrial, termasuk perselisihan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagaimana Anda alami.

Di sisi lain, serikat pekerja/buruh dapat dibentuk di luar perusahaan berdasarkan sektor usaha, jenis pekerjaan, dan bentuk lain sesuai kehendak pekerja/buruh. Kemudian mengingat pula masuk atau tidak masuk menjadi anggota serikat pekerja/buruh adalah hak dasar pekerja/buruh, maka bolehkah serikat pekerja/buruh mewakili pekerja/buruh yang bukan anggotanya?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.