Memberi Obat Pencegah Kehamilan Penyebab Kista, Bisakah Dipidana?

Bacaan 7 Menit
Memberi Obat Pencegah Kehamilan Penyebab Kista, Bisakah Dipidana?
Pertanyaan

Saya ingin membantu teman saya yang sedang bingung. Dia diancam dipidana oleh cewek karena tidak sengaja membuat cewek itu sakit tumor rahim sehingga salah satu rahimnya diangkat. Katanya dia memberi obat mencegah kehamilan itu dilakukan atas persetujuan bersama. Katanya selama ini dia sudah menanyakan keadaan cewek ini tapi dibilang baik-baik saja sampai akhirnya tiba-tiba sakit. Apakah hal ini bisa dipidana? Kasihan teman saya jadi linglung karena diancam-ancam.

Intisari Jawaban

Jika dikonsumsi secara sembarangan atau dalam jangka panjang, penggunaan obat levonorgestrel yang merupakan obat pencegah kehamilan/kontrasepsi darurat dan tergolong sebagai obat keras memang berpotensi menyebabkan kista ovarium.

Untuk menentukan bagaimana pertanggungjawaban hukum teman Anda, perlu dilihat terlebih dahulu apakah ia memiliki kewenangan untuk memberikan/meresepkan obat keras tersebut, bagaimana obat tersebut akhirnya bisa sampai ke tangan korban, serta adakah hubungan kausalitas antara pemberian obat tersebut dengan timbulnya penyakit korban yang menyebabkan salah satu rahimnya diangkat.


Lalu, apa saja ketentuan hukum yang berpotensi menjerat teman Anda?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika