Tak Lagi Jabat Direksi di Perusahaan Induk, Masih Bisakah Jabat Komisaris di Anak Perusahaan?

Bacaan 3 Menit
Tak Lagi Jabat Direksi di Perusahaan Induk, Masih Bisakah Jabat Komisaris di Anak Perusahaan?
Pertanyaan

Saya ingin bertanya mengenai jabatan komisaris di suatu anak perusahaan yang diisi oleh direksi perusahaan induk/perusahaan pemegang saham. Apakah saat direksi tersebut tidak lagi menjabat sebagai pengurus dari perusahaan induk/perusahaan pemegang saham, status komisaris di anak perusahaan tetap legal atau juga perlu diganti?

Intisari Jawaban

Anggota direksi dan/atau dewan komisaris dapat diberhentikan sewaktu-waktu berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”) dengan menyebutkan alasannya, misalnya karena yang bersangkutan tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai anggota direksi dan/atau dewan komisaris menurut undang-undang karena melakukan tindakan yang merugikan perusahaan atau alasan lain yang dinilai tepat oleh RUPS.

Lalu, berkaitan dengan pertanyaan Anda, perusahaan induk dan anak perusahaan merupakan 2 entitas hukum yang berbeda. Sehingga, pemberhentian seseorang dari jabatan direksi di perusahaan induk tidak serta merta menyebabkan orang tersebut harus diberhentikan pula dari jabatannya sebagai anggota dewan komisaris di anak perusahaannya.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika