Netizen Anonim Sebar Fitnah di Forum Internet, Ini Jerat Hukumnya

Bacaan 7 Menit
Netizen Anonim Sebar Fitnah di Forum Internet, Ini Jerat Hukumnya
Pertanyaan

Baru-baru ini, seorang selebgram mengungkapkan keresahannya atas perilaku para netizen yang membicarakan hal-hal buruk dan mengandung fitnah tentangnya dengan akun anonim di suatu forum diskusi daring yang disediakan oleh situs penyedia berita. Atas perbuatan tersebut, bisakah selebgram itu melaporkan netizen yang bersangkutan atas pencemaran nama baik?  Jika bisa, bagaimana cara melaporkannya mengingat akun yang bersangkutan bersifat anonim?

Intisari Jawaban

Dalam hal konten yang disebarkan berupa tuduhan (fitnah), yakni bukan merupakan penilaian, pendapat, hasil evaluasi, atau sebuah kenyataan, serta disebarkan di muka umum sehingga diketahui umum, maka pelaku dapat dijerat Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Sedangkan jika konten yang disebarkan mengandung penghinaan yang kategorinya cacian, ejekan, dan/atau kata-kata tidak pantas, yang bersangkutan dapat dijerat pasal penghinaan ringan dalam Pasal 315 Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

Lantas, bagaimana cara melaporkan perbuatan tersebut jika yang bersangkutan menggunakan akun anonim? Bisakah ia diproses hukum?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.