Karyawan Kontrak Diminta Resign dan Ikut Rekrutmen Baru, Bolehkah?

Bacaan 6 Menit
Karyawan Kontrak Diminta <i>Resign</i> dan Ikut Rekrutmen Baru, Bolehkah?
Pertanyaan

Saya sudah bekerja 5 tahun lebih dan baru perpanjangan kontrak. Namun, saya diminta rehiring yaitu dengan membuat surat resign dan surat lamaran kerja yang baru. Apakah sistem seperti itu legal di setiap perusahaan? Apakah setelah saya dikontrak selama 5 tahun lebih bisa mendapatkan status karyawan tetap? Serta langkah apa yang harus saya lakukan jika ternyata ada indikasi pemalsuan data yang dilakukan perusahaan jika saya menolak proses rehiring tersebut?

Intisari Jawaban

Status Anda sebagai karyawan kontrak dalam hukum ketenagakerjaan disebut dengan karyawan dengan status Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (“PKWT”).  Jika menilik dari peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini, PKWT hanya dapat dilakukan dengan keseluruhan jangka waktu dan perpanjangannya maksimal selama 5 tahun.

Namun perlu dicermati kembali, ketentuan tersebut baru saja berlaku sejak terbitnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sehingga menjadi tidak relevan jika dihubungkan dengan kasus Anda. Oleh karena itu, Anda perlu merujuk ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sebelum diubah dengan UU Cipta Kerja.

Jadi, bagaimana status hukum Anda selaku karyawan, bisakah menjadi karyawan tetap?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika