Barang dari ‘Olshop’ Tak Sesuai Foto, Bisakah Minta Uang Kembali?

Bacaan 3 Menit
Barang dari ‘Olshop’ Tak Sesuai Foto, Bisakah Minta Uang Kembali?
Pertanyaan

Halo saya baru saja membeli sebuah webcam. Pada halaman produk penjualan terdapat foto seperti ilustrasi hasil webcam itu sendiri, gambar ini juga persis seperti yang ada pada kotak produk dan tidak ada penjelasan sama sekali bahwa foto tersebut hanya contoh dan bukan hasil sebenarnya. Untuk produknya sendiri, hasil gambar yang dihasilkan sangat jauh berbeda dari ilustrasi foto tersebut. Apakah penjual melanggar undang-undang yang berlaku dan apakah saya mempunyai hak untuk meminta pengembalian dana atas barang tersebut? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Secara hukum, konsumen berhak mendapatkan barang sesuai dengan kondisi dan jaminan yang dijanjikan, serta memperoleh informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang yang dibeli tersebut.

Di sisi lain, pelaku usaha wajib memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi jaminan barang yang dijual, serta memberi jaminan/garansi atas barang yang diperdagangkan.

Lantas, upaya hukum apa yang bisa dilakukan konsumen bila kewajiban tersebut dilanggar? Bisakah konsumen meminta pengembalian dana?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika