Jakarta Islamic Index

Bacaan 2 Menit
Jakarta Islamic Index
Pertanyaan

Bagaimana sistem kerja dan mekanisme pembagian deviden dalam saham syariah pada Jakarta Islamic Index ?

Ulasan Lengkap

Dalam makalah Studi Tentang Investasi Syariah di Pasar Modal yang ditulis oleh Tim Studi Tentang Investasi Syariah Di Pasar Modal Indonesia (Badan Pengawas Pasar Modal/Bapepam, 2004), disebutkan bahwa Jakarta Islamic Index (JII) diluncurkan oleh PT Bursa Efek Jakarta pada 3 Juli 2000. JII sendiri adalah “benchmark” bagi saham-saham yang berisikan saham-saham likuid dan memenuhi prinsip syariah Islam, yang kriterianya ditentukan oleh Dewan Syariah Nasional. JII ini terdiri dari 30 emiten, yang akan ditinjau setiap 6 bulan sekali oleh Bursa Efek Indonesia.

 

Indeks harga saham sendiri merupakan indikator harga dari seluruh saham yang yang tercatat di Bursa Efek. Indeks ini biasanya merefleksikan kondisi Pasar Modal dan kondisi perekonomian sebuah negara secara umum. Jadi, JII adalah indeks saham yang menghitung indeks harga rata-rata saham untuk jenis saham-saham yang memenuhi kriteria syariah.

 

Mekanisme pembagian deviden pada JII sama dengan pembagian saham pada umumnya di pasar modal biasa. Mekanismenya adalah dengan Rapat Uumum Pemegang Saham perusahaan, yang kemudian akan menentukan apakah dividen akan dibagikan atau tidak, dan berapa besaran dividen yang dibagikan.

 

Demikian sejauh yang kami tahu. Semoga bermanfaat.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika