Senin, 07 October 2002

masalah ilmu Perundang-undangan

masalah ilmu Perundang-undangan

Pertanyaan

1. mengapa perundang-undangan merupakan sebagian kecil dari hukum? 2. Mengapa perundang-undangan tidak identik dengan hukum? 3. mengapa memahami perundang-undangan juga merupakan pemahaman sisi lain dari hukum? 4. mengapa perundang-undangan mempunyai struktur/sistematika? Tanpa struktur itu maka tidak dapat disebut perundang-undangan. Struktur itu antara lain: a. membaca; b. menimbang; c. memperhatikan; d. mengingat; e. menetapkan; f. memutuskan. 5. Kenapa susunannya harus seperti itu?

Ulasan Lengkap

Waduh, terus-terang di kelas, baik perkuliahan atau pelatihan, sangat jarang ada pertanyaan yang seperti ini. OK, pada dasarnya ada dua jenis pertanyaan, yaitu pertanyaan yang sulit dijawab dan pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Pertanyaan-pertanyaan anda mencerminkan kedua jenis tersebut.

 

1. Pertanyaan ini pada dasarnya berkaitan dengan ruang lingkup pengaturan dari norma hukum, yang dapat kita bedakan sebagai berikut:

(1). Ditinjau dari subyek atau orang yang diaturnya, norma hukum dapat ditujukan kepada orang banyak atau setiap orang yang tidak tertentu (umum), atau kepada seseorang atau sekelompok orang yang telah tertentu (individual),

(2). Ditinjau dari predikat atau perilaku yang diaturnya, norma hukum dapat ditujukan kepada perilaku yang tidak dirinci secara spesifik (abstrak), atau kepada perilaku yang dirinci secara spesifik (kongkrit),

(3). Ditinjau dari masa laku pengaturannya, norma hukum dapat berlaku terus-menerus (deuerhaftig), atau berlaku sekali-selesai (einmahlig).

 

Dari pembedaan-pembedaan tersebut di atas, maka norma hukum yang disebut sebagai peraturan perundang-undangan adalah suatu norma hukum yang bersifat umum, abstrak, dan terus-menerus. Jenis norma hukum yang lain, dikenal sebagai penetapan bersifat individual, kongkrit, dan sekali-selesai. Sementara, di antara kedua kombinasi tersebut, masih terdapat dua jenis norma hukum yang dalam ilmu hukum administrasi negara dikenal sebagai keputusan-keputusan yang berentang umum.

 

2. Pertanyaan ini adalah jenis pertanyaan yang tidak bisa dijawab, karena tidak tepat bila sesuatu yang khusus diperbandingkan dengan yang umum. Awal dari pertanyaan anda sesungguhnya adalah 'apakah peraturan perundang-undangan identik dengan hukum?' Pertanyaan ini sama dengan pertanyaan 'apakah es identik dengan air?'.

Bila dikaitkan dengan pertanyaan no. 1, mungkin akan lebih menjelaskan permasalahan, bila pertanyaannya berkaitan dengan memperbandingkan sesuatu yang umum dengan yang khusus, sehingga menjadi 'apakah hukum identik dengan peraturan perundang-undangan? jawabannya tidak! Mengapa hukum tidak identik dengan peraturan perundang-undangan? Karena, seperti dijabarkan pada jawaban no. 1, jenis-jenis norma hukum yang lain tidak mempunyai sifat norma yang sama dengan sifat norma yang dikandung oleh peraturan perundang-undangan, yaitu umum, abstrak, dan terus-menerus.

 

3. Pemahaman atas peraturan perundang-undangan jelas akan membawa kepada pemahaman atas sebagian (bukan sisi yang lain!) dari norma hukum yang berlaku mengingat peraturan perundang-undangan adalah merupakan bagian dari norma hukum.

 

4. Sebatas yang anda tanyakan, pada dasarnya masalah struktur adalah masalah teknis yang kemudian dibakukan secara formil sehingga bila tidak sesuai dengan pembakuan tersebut berimplikasi pada keabsahannya.

 

Saya ingin menyampaikan, bahwa isi dan urutan yang benar berkaitan dengan apa yang anda sebutkan sebagai struktur adalah: (a) menimbang, (b) mengingat, (c)memutuskan, (d) menetapkan. anda dapat memperdalam masalah ini dengan membaca Keppres 44/1999!

 

5. Pertanyaan ini adalah jenis pertanyaan yang tidak bisa dijawab, karena menyangkut kebiasaan yang, sekali lagi, kemudian dibakukan secara formil. Tiap negara mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda soal ini. Walaupun di sana-sini telah diadakan penyempurnaan, di Indonesia kebiasaan ini telah berasal sejak jaman Hindia Belanda.

 

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Sony Maulana, salah satu pengajar di Fakultas Hukum Indonesia, Depok.

 

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
PENJAWAB :
MITRA : Bung Pokrol
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua