Konsumen Sakit Karena Minuman Basi, Siapa yang Harus Digugat?

Bacaan 2 Menit
Konsumen Sakit Karena Minuman Basi, Siapa yang Harus Digugat?
Pertanyaan

Saya pernah minum kopi susu di suatu restoran, ternyata susu rasa basi dan bau tak sedap, sehingga saya muntah-muntah dan kemudian sakit perut. 1 Bolehkah saya menggugat restoran tersebut ? 2. Siapakah yang harus saya gugat, pelayan, atau manajernya atau restorannya (restoran adalah milik PT. ...) 3. UU manakah yang mengatur hal tersebut?

Ulasan Lengkap

Sebelum Anda melakukan upaya hukum dalam hal ini, ada baiknya Anda pikirkan kembali apa tujuan yang hendak Anda capai dengan menggugat restoran tersebut. Jika Anda hanya menginginkan penggantian biaya perawatan dari pihak manajemen restoran, sebaiknya hal tersebut dibicarakan secara baik-baik dengan pihak manajemen restoran. Bisa jadi pihak manajemen restoran bersedia memberikan ganti kerugian tersebut tanpa Anda perlu melakukan gugatan ke pengadilan yang tentunya akan memakan waktu dan biaya.  

 

Penyelesaian di luar pengadilan ini akan menyelesaikan sengketa antara pelaku usaha dan konsumen lebih cepat, murah dan prosesnya sederhana. Demikian disampaikan oleh Srie Agustina, Direktur Perberdayaan Konsumen Ditjen Standarisasi dan Pemberdayaan Konsumen Kementerian Perdagangan dalam Seminar Hukumonline bertajuk “Memahami Jurus-Jurus Efektif dan Terukur dalam Menghadapi Gugatan Konsumen”. Lebih jauh simak artikel Perkara Konsumen Sebaiknya Diselesaikan di Luar Pengadilan.

 

Mengenai persoalan yang Anda tanyakan ini sudah cukup jelas diatur Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UUPK”). Dalam ketentuan Pasal 19 ayat [1] UUPK disebutkan:

 

Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan/atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan/atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan.

 

Sedangkan yang dimaksud Pelaku usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian menyelenggarakan kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi (Pasal 1 angka 3 UUPK).

 

Jadi, berdasarkan UUPK, pihak yang dianggap bertanggung jawab atas kerugian konsumen (dalam hal ini Anda) adalah pelaku usaha restoran. Dalam hal ini adalah Perseroan Terbatas (PT) dari restoran tersebut sebagai badan usaha yang menjalankan usaha restoran tersebut.

 

Oleh sebab itu, Anda dapat menggugat restoran tersebut dan gugatan tersebut dapat ditujukan kepada PT sebagai pelaku usaha yang memperdagangkan (menjual) kopi susu yang Anda konsumsi.

 

Sebagaimana telah kami sebutkan sebelumnya, pengaturan-pengaturan mengenai perlindungan terhadap konsumen ini dapat ditemui dalam UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

 

Kiranya penjelasan kami di atas menjawab ketiga pertanyaan Anda.

 

Dasar hukum: