Membatalkan Surat Wasiat

Bacaan 2 Menit
Membatalkan Surat Wasiat
Pertanyaan

Bung Pokrol, dapatkah surat warisan (rumah) yang sudah dibuat oleh notaris dibatalkan ibu saya, bagaimana caranya?

Ulasan Lengkap

Yang Anda maksud surat warisan mungkin adalah wasiat, atau hibah wasiat. 

Wasiat yang dibuat di hadapan notaris dapat dibatalkan. Berdasarkan pasal 875 KUHPerdata, wasiat adalah akta yang memuat pernyataan seseorang tentang apa yang dikehendakinya akan terjadi setelah ia meninggal dunia, dan olehnya dapat dicabut kembali. Demikian pula, hibah wasiat juga dapat dibatalkan atau dicabut kembali. Jadi, wasiat/hibah wasiat yang dibuat Ibu Anda dapat dibatalkan atau dicabut kembali. 

Pencabutan wasiat, menurut pasal 992 KUHPerdata, dilakukan dengan wasiat baru atau dengan akta notaris yang khusus dengan mana yang mewasiatkan menyatakan kehendaknya akan mencabut wasiat itu seluruhnya atau sebagian. 

Dengan demikian, cara Ibu Anda membatalkan wasiat, yaitu Ibu Anda datang ke kantor notaris menyampaikan akan membatalkan wasiat. Dalam akta, setelah komparisi, dalam premis disebutkan telah membuat wasiat tanggal sekian, nomor sekian di hadapan notaris X, berkedudukan di kota/kabupaten Y. Isi aktanya bahwa Penghadap (Ibu Anda) bermaksud membatalkan wasiat, dan seterusnya. Jadi, Ibu Anda membuat akta di hadapan notaris yang isinya memuat pembatalan/pencabutan wasiat tersebut. Demikian halnya dengan pembatalan/pencabutan hibah wasiat. 

Demikian sejauh yang kami ketahui. Semoga bermanfaat.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika