ciptaan lagu yang sudah merupakan milik umum

Bacaan 3 Menit
Bacaan 3 Menit
ciptaan lagu yang sudah merupakan milik umum
Pertanyaan
Pertanyaan saya tentang bagaimana kualifikasi atau syarat-syarat suatu ciptaan lagu dianggap sudah merupakan milik umum? Apabila saya ingin menggunakan lagu yang sudah dianggap sebagai ciptaan yang sudah merupakan milik umum untuk kepentingan komersial, apakah saya tinggal langsung memakainya tanpa ijin dan prosedur tertentu atau harus ijin ke Dirjen HAKI atau saya harus mengumumkan terlebih dahulu di media massa? Tolong penjelasannya
Ulasan Lengkap

Suatu ciptaan lagu dapat dianggap telah menjadi milik umum adalah apabila masa perlindungan hak cipta atas lagu tersebut telah habis. Perlu diperhatikan bahwa berdasarkan ketentuan dari Undang-Undang No.19 tahun 2002 tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta), bahwa perlindungan terhadap Hak Cipta atas lagu adalah selama masa hidup si pencipta lagu dan berlanjut sampai dengan 50 (lima puluh) tahun sejak meninggalnya si pencipta. Apabila telah lewat masa 50 tahun sejak tanggal meninggalnya si pencipta lagu maka ciptaan lagu ini menjadi milik umum.

 

Apabila suatu ciptaan lagu tersebut telah menjadi umum maka dapat digunakan oleh siapapun. Namun terkadang sangat sulit untuk membuktikan apakah suatu ciptaan lagu tersebut telah menjadi milik umum atau belum. Untuk membantu pembuktian tersebut, sebaiknya saudara terlebih dahulu mengecek pada Daftar Umum Ciptaan yang ada di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) untuk mengecek apakah ciptaan lagu tersebut telah menjadi milik umum ataukah masih merupakan hak eksklusif dari si pencipta lagu. Dalam Daftar Umum Ciptaan yang tersedia di DJHKI tersebut terdapat daftar ciptaan yang telah didaftarkan di DJHKI.

 

Namun perlu diperhatikan bahwa perlindungan hak cipta atas suatu karya cipta secara otomatis lahir  pada saat suatu karya cipta tersebut diwujudkan. Demikian juga dengan suatu ciptaan lagu, ketika lagu tersebut diwujudkan oleh penciptanya dalam bentuk rekaman lagu, menuliskannya dalam notasi lagu, dll, maka pada saat itu perlindungan hak cipta atas lagu tersebut telah lahir. Sebagai konsekuensinya, si pencipta memegang hak eksklusif atas lagu tersebut. Oleh karena lahirnya suatu hak cipta tidak diwajibkan untuk didaftarkan, maka akan ada banyak kemungkinan ciptaan lagu yang telah ada namun tidak tercantum dalam Daftar Umum Ciptaan. Untuk mnghindari pelanggaran terhadap hak cipta dari pencipta lagu bersangkutan ataupun yang menerima hak ekonomi pemanfaatan secara komersial dari karya cipta: seperti produser rekaman suara, dsb), maka alangkah lebih baik apabila anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai hal-hal semisal: siapa pencipta dari lagu tersebut, apakah pencipta lagu tadi telah meninggal dunia atau belum, apabila telah meninggal dunia apakah pada saat anda akan menggunakan lagu tersebut untuk kepentingan komersial, telah melebihi waktu lima puluh tahun dari meninggalnya si pencipta lagu. tersebut keberadaan perlindungan hak cipta atas lagu tersebut.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika
Arsip Penjawab Lainnya