Perlindungan atas Hak Merek

Bacaan 4 Menit
Bacaan 4 Menit
Perlindungan atas Hak Merek
Pertanyaan
Kami bergerak di bidang garment. Akhir-akhir ini kami menemukan beberapa produk di pasaran yang menggunakan Merek terdaftar kami tanpa persetujuan dari kami. Bagaimana cara penanggulangannya? Jika kami menemukan produsen atau distributor produk merek illegal tersebut, kepada siapa kami harus melaporkan kasus ini? Apakah kami bisa menuntut ganti rugi sebesar-besarnya?
Ulasan Lengkap

Selama merek terdaftar milik saudara tersebut masih berada dalam jangka waktu perlindungan merek yaitu 10 tahun sejak tanggal pendaftaran, maka apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh pihak lain terhadap merek terdaftar tersebut (diantaranya menggunakan merek terdaftar tersebut pada produk-produk lain diluar produk yang diproduksi saudara sebagai pemilik merek terdaftar), saudara dapat mengajukan gugatan terhadap pihak yang melakukan pelanggaran tersebut berdasarkan ketentuan UU Merek yang berlaku.

 

Namun perlu diperhatikan dengan cermat terlebih dahulu mengenai perlindungan terhadap merek terdaftar saudara tersebut, apakah memang benar masih berada dalam jangka waktu 10 tahun yang dilindungi ataukan jangka waktu perlindungan tersebut telah lewat. Karena apabila jangka waktu perlindungan tersebut telah lewat, maka perlindungan hukum terhadap merek terdaftar saudara tidak dapat diberlakukan sehingga saudara tidak dapat mengajukan gugatan terhadap pihak-pihak yang melanggar tersebut.

 

Tetapi perlu juga diperhatikan bahwa pada saat suatu merek didaftarkan, biasanya merek tersebut didaftarkan pada suatu kelas barang tertentu termasuk juga merek milik saudara. Apabila merek terdaftar pada kelas barang tertentu tersebut digunakan oleh pihak lain pada kelas barang yang sama dengan merek terdaftar tersebut, tanpa hak dari saudara sebagai si pemilik merek maka hal tersebut merupakan pelanggaran atas merek terdaftar. Tetapi apabila merek tersebut digunakan oleh pihak lain untuk kelas barang yang berbeda dari merek yang telah saudara daftarkan tersebut, perlu juga diperhatikan apakah merek saudara tersebut merupakan merek terkenal atau bukan. Sebab untuk suatu merek terkenal, walaupun hanya terdaftar untuk kelas barang tertentu saja namun akan mendapatkan perlindungan secara menyeluruh. Sehingga apabila pihak lain menggunakan merek terdaftar milik saudara tersebut sebagai gambar atau logo meskipun pada kelas barang yang berbeda, hal tersebut tetap dapat dituntut sebagai suatu  pelanggaran merek terkenal.

 

Terhadap pelanggaran merek tersebut, saudara dapat melakukan upaya-upaya hukum yaitu mengajukan gugatan secara perdata melalui Pengadilan Niaga , atau melaporkan adanya pelanggaran tindak pidana pelanggaran merek kepada aparat kepolisian.

 

Gugatan Perdata dapat diajukan oleh saudara berdasarkan ketentuan Pasal 76 UU Merek melalui Pengadilan Niaga. Gugatan tersebut dapat berupa gugatan ganti kerugian maupun gugatan untuk menghentikan semua perbuatan yang berkaitan dengan penggunaan merek tersebut yang dinilai sebagai pelanggaran. Terhadap gugatan ini, saudara dapat meminta ganti kerugian kepada pihak yang telah melakukan pelanggaran terhadap merek terdaftar saudara sebesar kerugian yang anda derita maupun melibihi kerugian tersebut, hal mana harus dibuktikan dalam pengadilan .

 

Anda juga dapat melaporkan pelanggaran hak merek kepada Kepolisian . Dalam hal ini aparat kepolisian, yaitu Penyidik Pejabat Polisi Negara Repubik Indonesia, akan menindaklanjuti proses tersebut. Seteleh proses penyidikan di Kepolisian, kemudian tuntutan kepada pihak yang melakukan pelanggaran merek ini akan dilakukan proses penuntutan terhadap pelanggar oleh Jaksa di Pengadilan. Pengadilan kemudian akan memutuskan apakah pelanggar tersebut terbukti bersalah melakukan tindak pidana ata pelanggaran merek saudara. Pidana dapat berupa pidana penjara (paling lama lima tahun) atau kurungan maupun denda (paling besar delapan ratus juta rupiah), sesuai  ketentuan dalam UU Merek, asal 90 sampai dengan 95.

 

Namun perlu diperhatikan bahwa besarnya denda yang nantinya dibayarkan oleh pihak yang melakukan pelanggaran tersebut akan masuk ke dalam kas negara. Bukan kepada anda sebagai pemilik merek terdaftar yang sah.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika
Arsip Penjawab Lainnya