Jumat, 13 Januari 2006

Seputar, Pendaftaran Hak Cipta Software

Seputar, Pendaftaran Hak Cipta Software

Pertanyaan

Saya ingin mendaftarkan Hak Cipta software atas nama pribadi bukan badan hukum. 1. Apakah prosedurnya cukup sulit? Maksud saya apakah banyak oknum yang mempersulit seperti kebanyakan mengurus perijinan di kantor pemerintah? 2. Berapa biaya dan Jangka waktu sampai memperoleh nomer Hak cipta jika diurus sendiri atau melalui jasa kantor hukum? 3. Pada dokumentasi program, yang perlu diberikan sampai sejauh mana. Misal: - Deskripsi software, - Diagram Alur (Flowchart) proses berjalan software - Program Jadi (Binary) software. Apakah perlu menyertakan kode program yang mentah (source code), mengingat bila hal tersebut disertakan, akan berbahaya, karena dapat dicontoh dan dibuat ulang dalam bentuk baru oleh orang lain sehingga mereka bisa meng-klaim bahwa software tersebut adalah miliknya. Terima Kasih

Ingin Masalah Anda Segera Tuntas?

Hubungi konsultan hukum profesional dengan biaya terjangkau, pilih durasi dan biaya konsultasi sesuai kebutuhan Anda di sini.

Ulasan Lengkap

Wah, wah pertanyaannya banyak ya.  Baiklah kita jawab satu persatu agar lebih jelas:

 

1.      Prosedurnya tidak begitu sulit.  Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI), badan yang berwenang memberikan pelayanan pendaftaran hak cipta sudah sangat kooperatif di tahun-tahun belakangan ini.  Silahkan Anda datang ke kantor Hak Cipta (Ditjen HKI) di Tangerang dan para petugas di loket akan dengan senang hati membantu Anda.

2.      Khusus untuk memperoleh hak cipta program komputer, biaya pendaftaran resmi dari Ditjen HKI sebesar Rp.150.000.  Untuk memakai jasa kantor hukum, harga resmi dari Ditjen HKI tetap sebesar Rp.150.000, tetapi harus ditambah biaya jasa hukumnya yang harganya bervariasi.  Tidak etis rasanya menyebutkan biaya jasa hukum yang diterapkan dalam praktek.  Anda dapat menghubungi kantor-kantor hukum yang melayani pendaftaran HKI ataupun klinik HKI yang ada untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget anda.

3.      Anda tidak perlu mengikut sertakan source program-nya, cukup deskripsi tentang program tersebut beserta fitur-fiturnya serta cara pengoperasian (manual) dari program konputer tersebut.  Untuk persyaratan lainnya anda dapat lihat di www.dgip.go.id.

 


Perjuangan Anda Jangan Berhenti di Artikel Ini

Konsultan hukum profesional dengan biaya terjangkau siap membantu Anda. Pilih durasi dan biaya konsultasi sesuai kebutuhan Anda di sini.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
PENJAWAB : Bung Pokrol
MITRA : Bung Pokrol
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua