Daftar Menjadi Anggota Organisasi Advokat

Bacaan 2 Menit
Daftar Menjadi Anggota Organisasi Advokat
Pertanyaan

Bagaimana caranya mendaftar menjadi anggota salah satu organisasi advokat di Indonesia? Apakah harus yang sudah mendapatkan izin advokat saja yang bisa? Terima kasih atas bantuannya.

Ulasan Lengkap

Menurut pasal 30 ayat (2) UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat (“UU Advokat”), setiap advokat yang diangkat berdasarkan UU Advokat wajib menjadi anggota Organisasi Advokat. seperti diketahui pengangkatan advokat dilakukan oleh Organisasi Advokat (lihat pasal 2 ayat [2] UU Advokat).

 

Adapun Organisasi Advokat yang dimaksud di atas mengacu pada pasal 28 ayat (1) UU Advokat yang menyatakan bahwa Organisasi Advokat merupakan satu-satunya wadah profesi Advokat yang bebas dan mandiri yang dibentuk sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kualitas profesi Advokat.

 

Pasal 28 ayat (1) UU Advokat tersebut merupakan dasar hukum bagi wadah tunggal Organisasi Advokat di Indonesia. Jadi, menurut UU Advokat, hanya satu Organisasi Advokat yang memiliki wewenang untuk melakukan pengangkatan advokat.

 

Dengan demikian, berdasarkan hal-hal di atas – untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda -- dapat disimpulkan bahwa;

1.      menjadi anggota Organisasi Advokat adalah wajib bagi advokat; dan

2.      yang dapat menjadi anggota Organisasi Advokat adalah advokat yang telah diangkat oleh Organisasi Advokat berdasarkan UU Advokat.

 
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.
 
Dasar hukum:
Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat