Senin, 06 Desember 2010

Klaim Asuransi

Klaim Asuransi

Pertanyaan

Pada tanggal 04 Januari 2007 saya membeli asuransi kapal. Masa berlaku polis tersebut adalah dari tanggal 04 Januari 2007 s/d 03 Januari 2008. Total premi yang harus saya bayar adalah sebesar 70 juta rupiah. Pembayaran premi diperjanjikan dengan cara 2 kali angsuran. Angsuran pertama sebesar 40 juta rupiah jatuh tempo pada tanggal 04 Januari 2007 dan angsuran kedua sebesar 30 juta rupiah jatuh tempo pada tanggal 04 Maret 2007. Saya telah melakukan pembayaran angsuran pertama pada tanggal 04 Januari 2007, namun saya tidak melakukan pembayaran angsuran kedua tersebut. Pada tanggal 01 November 2007 kapal saya tenggelam dikarenakan oleh ombak besar di perairan sekitar Sumatra. Di dalam polis asuransi terdapat klausula "KLAUSUL PREMI DITANGGUHKAN & PENUH APABILA TERJADI KERUGIAN" yang berisi: Apabila premi tidak dibayarkan secara penuh dalam ketentuan kredit yang diizinkan, maka tanggungan yang disanggupi oleh polis ini dianggap berakhir pada tengah malam pada tanggal jatuh tempo tersebut. Selanjutnya dipahami dan disepakati bahwa apabila muncul klaim berdasarkan polis ini yang menurut Penilai Kerugian Rerata yang ditunjuk, perkiraan jumlah klaim tersebut melebihi premi angsuran yang dibayarkan pada polis ini, premi angsuran tersebut kemudian tunggakannya menjadi jatuh tempo dan harus segera dibayarkan. Pertanyaan saya: Apakah saya tetap bisa mengajukan klaim asuransi saya tersebut dikarenakan saya tidak melakukan pembayaran angsuran kedua? Terima kasih.

Ulasan Lengkap

Untuk menjawab pertanyaan anda, sebenarnya perlu untuk melihat secara keseluruhan polis tersebut, tidak bisa melihat pada satu klausula saja. Untuk itu, sebaiknya anda bertemu dengan ahli hukum untuk mendiskusikan polis tersebut.

 

Sementara, jika melihat hanya pada klausula yang anda sebutkan, menurut pemahaman saya yang perlu diperhatikan dalam pengakhiran polis asuransi ini adalah klausula “Apabila premi tidak dibayarkan secara penuh dalam ketentuan kredit yang diizinkan, maka tanggungan yang disanggupi oleh polis ini dianggap berakhir pada tengah malam pada tanggal jatuh tempo tersebut”. Dalam hal anda tidak membayar premi secara penuh, maka tanggungan asuransi tersebut berakhir pada tengah malam pada tanggal jatuh tempo tersebut. Artinya, setelah tengah malam pada tanggal jatuh tempo tersebut asuransi anda sudah tidak menanggung resiko terhadap kapal anda lagi.

 

Seperti diuraikan oleh Prof. Dr. H. Man Suparman Sastrawidjaja, S.H., S.U. dalam bukunya “Aspek-Aspek Hukum Asuransi dan Surat Berharga”, premi merupakan kewajiban tertanggung untuk membayarnya pada penaggung sebagai kontra prestasi dari ganti kerugian yang akan penanggung berikan padanya. Apabila premi tidak dibayar oleh tertanggung pada waktunya, maka penanggung dapat meminta pengakhiran perjanjian asuransi tersebut. Hal ini sejalan dengan klausula anda di atas, bahwa jika premi tidak dibayarkan secara penuh, maka tanggungan polis asuransi tersebut dianggap berakhir.

 

Dalam kasus anda, anda mengatakan bahwa anda tidak melakukan pembayaran angsuran kedua. Ini artinya anda tidak membayar premi asuransi tersebut secara penuh, dan dengan demikian berlakulah klausula tersebut, dan tanggungan asuransinya dianggap berakhir. Dengan berakhirnya tanggungan asuransi tersebut, maka tentu anda sudah tidak bisa mengajukan klaim.

 

Demikian yang saya pahami. Semoga bermanfaat.

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua