Senin, 28 Mei 2012

Aturan Tanggal Mulai Berlakunya SIM Perpanjangan

Aturan Tanggal Mulai Berlakunya SIM Perpanjangan

Pertanyaan

Yth. Hukum Online, Saya menanyakan intepretasi tanggal mulai masa berlaku SIM yang 5 tahun sesuai peraturan pemerintah No, 40 Th. 1993, Pasal 214 dan 215, karena menyangkut suatu kejadian hukum. Karena di Pasal 215 hanya tertera tanggal diterbitkan dan tanggal berakhir SIM. Sebagai contoh saya memperpanjang SIM lama yang berakhir tanggal 17 April 2012 pada tanggal 9 Mei 2012. SIM saya diterbitkan tanggal 9 Mei 2012 dan berakhir tanggal 17 April 2017. Apakah tanggal dimulainya SIM baru saya sesuai hukum tanggal 17 April 2012? Karena melanjutkan perpanjangan SIM lama saya yang tanggal berakhirnya 17 April 2012, sesuai dengan pasal 214 yang berbunyi masa berlakunya 5 tahun dan dapat diperpanjang. Terima kasih sebelumnya. Soegiarto Hartono.  

Ulasan Lengkap

Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1993 yang Saudara maksud tidak mengatur tentang perpanjangan Surat Izin Mengemudi, tetapi tentang Pemberian Hak Guna Bangunan atas Tanah dalam Kawasan-Kawasan Tertentu di Propinsi Riau. Mungkin yang Saudara maksud adalah Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi (PP 44/1993”)

 

Berdasarkan Pasal 214 PP 44/1993, Surat Izin Mengemudi (“SIM”) berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang. Perpanjangan SIM diatur lebih lanjut dalam Pasal 224 PP 44/1993 yang berbunyi:

Pasal 224

(1) Surat izin mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 214 dapat diperpanjang tanpa keharusan mengikuti ujian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 219 dan Pasal 220.

(2) Permohonan perpanjangan masa berlaku surat izin mengemudi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diajukan kepada pelaksana penerbitan surat izin mengemudi dengan menggunakan formulir yang ditetapkan serta melampirkan:

a. salinan tanda jati diri yang sekurang-kurangnya memuat nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal tetap atau sementara;

b. surat izin mengemudi yang dimohonkan untuk diperpanjang;

c. surat keterangan dokter yang menyatakan permohonan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani;

d. pas photo terbaru dari pemohon.

(3) Apabila surat izin mengemudi telah habis masa berlakunya lebih dari 1 (satu) tahun, pemohon wajib mengikuti ujian teori dan praktek sebagaimana dimaksud dalam Pasal 219 dan Pasal 220.

(4) Dalam jangka waktu selambat-lambatnya 1 (satu) hari kerja sejak permohonan perpanjangan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diterima secara lengkap, pelaksana penerbitan surat izin mengemudi harus menerbitkan surat izin mengemudi atau menolak permohonan.

 

Peraturan yang lebih khusus mengatur tentang SIM yaitu Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia No. 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (“Perkap 9/2012”). Definisi SIM dapat kita temui dalam Pasal 1 angka 4 Perkap 9/2012, yaitu:

 

Surat Izin Mengemudi yang selanjutnya disingkat SIM adalah tanda bukti legitimasi kompetensi, alat kontrol, dan data forensik kepolisian bagi seseorang yang telah lulus uji pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk mengemudikan Ranmor di jalan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

 

Mengenai perpanjangan SIM, Pasal 28 ayat (2) Perkap 9/2012 mengatur bahwa:

 
Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir.
 

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, menjawab pertanyaan Saudara, tanggal mulai berlakunya SIM baru Anda adalah sejak tanggal berakhirnya SIM lama yaitu 17 April 2012 sampai dengan lima tahun ke depan (17 April 2017) dan bukan pada tanggal pengajuan perpanjangannya (9 Mei 2012).

 

Demikian jawaban dari kami semoga bermanfaat untuk Anda.

 
Dasar hukum:

1. Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi

2. Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi

 

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
PENJAWAB : Ilman Hadi, S.H.
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua