Perizinan dan Bentuk Badan Usaha Pengobatan Tradisional (Shinshe)

Bacaan 4 Menit
Perizinan dan Bentuk Badan Usaha Pengobatan Tradisional (Shinshe)
Pertanyaan

Kira-kira bentuk badan usaha apa yang cocok untuk bidang pengobatan tradisional (shinshe)? Selain membuka praktik pengobatan, kami juga memproduksi sendiri obat tradisional.

Ulasan Lengkap

Sebagaimana diatur di dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 1076/MENKES/SK/VII/2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional, khususnya pada Pasal 3 ayat (2) huruf b bahwa shinshe tergolong dalam Pengobat Tradisional Ramuan. Karenanya dengan merujuk pada pertanyaan yang diajukan dan juga berdasarkan ketentuan tersebut, maka kami fokuskan jawaban yang diberikan selanjutnya pada bentuk usaha yang sesuai untuk kegiatan usaha yang memproduksi obat-obatan tradisional, dengan ruang lingkup tempat menyimpan, melayani dan menjual obat tradisional (toko obat tradisional).

 

Untuk mendirikan usaha produksi obat tradisional atau biasa disebut dengan Industri Obat Tradisional (IOT) atau Industri Kecil Obat Trandisional (IKOT) tetap membutuhkan izin dari pihak terkait.

 

Hal mana berdasarkan kententuan yang berlaku untuk mendirikan IOT diperlukan izin dari Menteri Kesehatan. Adapun IOT wajib untuk memenuhi persyaratan yang diwajibkan sebagai berikut:

 

1.    Dilakukan oleh perorangan Warga Negara Indonesia (WNI) atau badan hukum berbentuk Perseroan Terbatas (PT) ataupun Koperasi;

2.    Memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP);

3.    IOT didirikan di tempat yang bersih, dengan kata lain bebas pencemaran dan juga tidak mencemari lingkungan;

4.    Usaha IOT wajib untuk memperkerjakan secara tetap sekurang-kurangnya seorang apoteker WNI sebagai penanggung jawab teknis; dan

5.    IOT wajib mengkuti pedoman Cara Pembuatan Obat Tradision yang Baik (CPOTB).

 

Selain hal yang kami sampaikan di atas, bahwasanya kegiatan usaha yang Anda tanyakan, tidak sekedar memproduksi obat tradisional tapi juga mencakup penjualan obat tersebut. Sehingga diperlukan lisensi obat dan izin penyelenggaraan pengobatan.

 

Selanjutnya, mengenai karakter dari badan usaha, khususnya PT dan Koperasi, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pembahasan mengenai Jenis-jenis Badan Usaha dan Karakteristiknya.

 

Dengan demikian, pemilihan mengenai badan hukum yang tepat untuk kegiatan usaha Anda didasarkan pada (i) Model bisnis Anda, dan (ii) bentuk kerjasama dalam kegiatan usaha tersebut. Namun sebagai referensi dari kami, apabila kegiatan bisnis tersebut dilakukan oleh beberapa orang saja sebaiknya dijalankan dengan mendirikan PT. Karena pendirian Koperasi ditujukan untuk memajukan kesejahteraan/taraf hidup anggota koperasi. 

 

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan yang Saudara ajukan. Terima kasih.

 
Dasar hukum:

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 1076/MENKES/SK/VII/2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional