Hukum Membuat Kaos dengan Logo atau Gambar Band Terkenal

Bacaan 2 Menit
Hukum Membuat Kaos dengan Logo atau Gambar Band Terkenal
Pertanyaan

Saya baru mulai bikin clothingan yang berkonsep musik dan sebagian desain kaosnya adalah gambar logo, cover, tulisan atau gambar dari beberapa band punk luar negeri (saya cari dari internet). Yang mau saya tanyakan adalah bagaimana hukumnya? Apakah harus ada royalti? Apakah mereka bisa menuntut?

Ulasan Lengkap
 

Hak eksklusif atas sebuah tulisan pendek (frase) atau slogan hanya dapat diperoleh melalui pendaftaran merek oleh pemiliknya di Direktorat Merek, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) untuk jenis barang atau jasa tertentu, yang diproduksi dan atau diperdagangkan.

 

Karenanya, sepanjang slogan dan tulisan pendek (frase) yang ingin Anda gunakan pada pakaian yang Anda produksi belum didaftar pihak lain di Direktorat Merek untuk jenis barang yang sama, Anda tidak diharuskan untuk memperoleh izin/lisensi ataupun membayar royalty untuk penggunaan tersebut.

 

Sebaliknya, jika slogan atau tulisan tersebut telah terdaftar sebagai merek untuk jenis barang pakaian, maka Anda wajib memperoleh lisensi terlebih dahulu dari pemilik pendaftaran untuk dapat memakai tulisan tersebut pada pakaian yang Anda produksi.

 

Berbeda dengan tulisan pendek (frase), sebuah logo yang berupa gambar atau lukisan yang memiliki nilai seni, gambar dan potret, merupakan karya-karya yang dilindungi hak cipta menurutPasal 12 Undang-Undang Hak Cipta di mana perlindungan tersebut diberikan secara otomatis tanpa mensyaratkan pemiliknya mendaftarkan di Ditjen HKI sebagaimana merek.

 

Karenanya, untuk memakai logo, gambar atau potret band musik secara legal, Anda wajib  memperoleh lisensi terlebih dahulu dari pemiliknya walaupun logo, gambar atau potret yang ingin dipakai tidak terdaftar di Ditjen HKI.

 

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

 
Dasar hukum: