Rabu, 27 Maret 2013

Bentuk Badan Usaha yang Bonafide untuk Ikut Tender

Bentuk Badan Usaha yang Bonafide untuk Ikut Tender

Pertanyaan

Saya dulu pernah memiliki keinginan untuk membentuk usaha sendiri yang legal di mata hukum, dan bisa mengikuti kegiatan tender yang dilaksanakan oleh beberapa perusahaan, dan usaha yang akan saya dirikan ini bergerak di bidang Creative Agency. Akan tetapi, karena saya orang awam di mengenai hukum, saya bingung mau membentuk dari mana, dan akan saya jadikan CV atau PT. Selain itu, modal saya yang masih terbilang kecil, saya juga kurang paham akan persyaratan apa saja yang harus saya penuhi agar usaha yang akan saya jalankan ini tidak bermasalah di kemudian hari. Mohon bantuannya untuk menjelaskan langkah-langkah yang harus saya jalankan agar dapat mendirikan usaha tersebut.

Ulasan Lengkap

Badan usaha yang lebih dikenal dan sering digunakan oleh masyarakat umum adalah Perseroan Terbatas (PT) dan Persekutuan Komanditer (CV). Secara garis besar, karateristik keduanya terdapat perbedaan, di antaranya tidak adanya ketentuan minimal modal dasar bagi CV sebagaimana diwajibkan pada PT. Di samping itu, dalam CV tidak ada pemisahan kekayaan antara pendiri dengan badan usahanya.

 

Selanjutnya, mengenai badan usaha untuk lebih jelasnya silahkan lihat pembahasan mengenai Jenis-jenis Badan Usaha dan Karakteristiknya.

 

Dan untuk mempermudah Saudara, berikut kami sampaikan penjelasan mengenai proses pendirian PT dan CV yang dapat anda lihat pada artikel kami sebagai berikut:

A.     Proses Pendirian PT

B.     Proses Pendirian CV

 

Selanjutnya, mengenai maksud Saudara untuk dapat mengikuti tender, maka dapat kami sampaikan bahwa pada kebiasaannya pihak penyelenggara tender mensyaratkan untuk setiap peserta tender adalah berbadan hukum. Dalam hal ini berbentuk PT. Satu dan lain hal karena PT adalah subjek hukum mandiri dan terpisah kekayaannya dari para pendirinya. Sehingga, dinilai lebih bonafide ketimbang CV.

 

Sepanjang yang kami pahami, creative agency, merupakan kegiatan usaha yang melaksanakan pengembangan identitas suatu badan usaha, perusahaan, ataupun suatu produk. Hal mana creative agency berfokus untuk membentuk strategi pemasaran yang efektif dengan mengkomunikasikan pesan atau merek dari suatu badan usaha/produk untuk mencapai sasarannya. Jasa atau produk yang biasanya disediakan creative agency termasuk namun tidak terbatas pada membuat desain/logo, desain website, dan juga mempersiapkan/membuat promosi untuk memperlihatkan perbedaan unik suatu usaha/produk dengan usaha/produk lainnya atau kompetitor usaha tentunya.

 

Berdasarkan hal di atas, dalam kegiatan usaha creative agency juga menjalankan usaha yang bergerak di bidang Periklanan atau biasa disebut dengan Advertising. Karena itu, maka untuk badan usaha creative agency, menurut hemat kami, juga membutuhkan izin operasional lainnya, yang antara lain: 

a)    Bergabung menjadi Anggota Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI/P3I) atau Asosiasi Media Luar Ruang Indonesia (AMLI);

b)    Izin Pemasangan Reklame (Billboard);

c)    Izin Mendirikan Bangunan Bangun Bangunan Reklame (IMBBBR);

d)    Izin HO (Hinder Ordonantie) atau izin Undang-Undang Gangguan (UUG).

 

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah hasil kerja dari Creative Agency, seperti: desain, logo atau karya cipta. Hasil kerja dari Creative Agency sangat erat kaitannya dengan hak kekayaan intelektual (HKI) antara lain merek dan hak cipta.

 

Untuk Hak Cipta, perlindungannya sudah melekat sejak karya cipta tersebut diwujudkan. Sedangkan untuk merek perlu dilakukan pendaftaran terlebih dahulu ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mendapatkan perlindungan dari negara. Dengan demikian, hasil kerja yang telah dilahirkan selain bernilai secara ekonomi dan juga aman di mata hukum. Apabila terdapat pihak lain yang ingin menggunakan ataupun menjiplak karya Saudara, maka Saudara berhak atas hak royalti atau meminta ganti rugi hingga mengajukan upaya hukum dalam hal karya Saudara digunakan atau dijiplak oleh pihak lain tanpa seizin Saudara.

 

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan yang Saudara ajukan. Terima kasih.

 

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua