Kamis, 03 Desember 2015

Cara untuk Menggunakan Anime Pihak Lain Sebagai Desain Kaos

Cara untuk Menggunakan Anime Pihak Lain Sebagai Desain Kaos

Pertanyaan

Saya mau bisnis clothing dan saya mau memasukkan desain anime saya di kaos saya. Pertanyaan saya bagaimana cara mendapatkan lisensi anime di Indonesia? Soalnya saya lihat banyak vendor yang tidak pakai lisensi.

Ulasan Lengkap

Intisari:

 

 

Untuk mendapatkan lisensi dari karya anime yang diinginkan, tentunya Anda wajib menghubungi Pemegang Hak Cipta atau Pemilik Hak Terkait dari karya anime yang Anda inginkan. Pada umumnya, karya anime tersebut hak ciptanya dipegang oleh perusahaan atau agen dan Anda dapat menghubungi pihak perusahaan untuk mengadakan perjanjian lisensi. Sebagai contoh salah satunya adalah Animation International Ltd. yang memiliki kantor perwakilan di banyak negara termasuk Indonesia, yaitu Animation International Indonesia (AI Indonesia).

 

Penjelasan lebih lanjut, silakan baca ulasan di bawah ini.

 

 

 

Ulasan:

 

Terima kasih atas pertanyaannya.

 

Anime (diucapkan AH-nee-Mei) adalah istilah yang dipergunakan untuk buku atau komik dan video animasi kartun Jepang di mana karakter utamanya memiliki mata yang terlihat besar. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa anime adalah produk animasi Jepang yang ditampilkan sebagai gambar yang dibuat oleh tangan ataupun hasil dari animasi komputer. Dalam perkembangannya anime juga banyak dihasilkan oleh negara-negara dari barat seperti Amerika Serikat.

 

Pembahasan akan kita persempit sesuai dengan pertanyaan Anda mengenai lisensi anime di Indonesia terkait dengan keinginan Anda membuka bisnis pakaian. Lisensi karya-karya anime sebenarnya sama dengan lisensi karya yang lain. Anime sebagai ciptaan yang dilindungi dalam hukum hak cipta Jepang bisa termasuk dalam kategori gambar, buku, maupun karya sinematografi. Section 1 Works Article 10 (Classification of works) Japan Copyright Act 2014, menyebutkan ciptaan yang dilindungi adalah sebagai berikut:

 

(Classification of works)

Article 10. (1) As used in this Law, "works" shall include, in particular, the following:

(i)       novels, dramas, articles, lectures and other literary works;

(ii)      musical works;

(iii)    choreographic works and pantomimes;

(iv)    paintings, engravings, sculptures and other artistic works;

(v)      architectural works;

(vi)    maps as well as figurative works of a scientific nature such as plans, charts, and models;

(vii)   cinematographic works;

(viii)   photographic works;

(ix)    program works.

(ix)

Dalam Japan Coyright Act 2014 (Authorization to exploit works) Article 63 dinyatakan sebagai berikut mengenai izin untuk mengeksploitasi ciptaan:

 

(1)      The copyright owner may grant another person authorization to exploit the work.

(2)      Any person who obtained such authorization shall be entitled to exploit the work in the manner and to the extent so authorized.

(3)      The right of exploitation thus authorized may not be transferred without the consent of the copyright owner.

(3)

Anime yang bukan dihasilkan oleh warga negara Indonesia atau dalam hal ini warga negara Jepang, dari sisi hukum hak cipta tetap mendapatkan perlindungan hukum di negara-negara sesama penandatangan Berne Convention for the Protection of Literary and Artistic Works sebagaimana dinyatakan pada Pasal 5 angka (1):

 

Authors shall enjoy, in respect of works for which they are protected under this Convention, in countries of the Union other than the country of origin, the rights which their respective laws do now or may hereafter grant to their nationals, as well as the rights specially granted by this Convention.

 

Sedangkan Lisensi dalam hak cipta Indonesia adalah izin tertulis yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemilik Hak Terkait kepada pihak lain untuk melaksanakan hak ekonomi atas Ciptaannya atau produk Hak Terkait dengan syarat tertentu.[1]

 

Dari pernyataan tersebut, dapat dimaknai bahwa untuk mendapatkan lisensi dari karya anime yang diinginkan, tentunya Anda wajib menghubungi Pemegang Hak Cipta atau Pemilik Hak Terkait dari karya anime yang Anda inginkan. Pada umumnya, karya anime tersebut hak ciptanya dipegang oleh perusahaan atau agen dan Anda dapat menghubungi pihak perusahaan untuk mengadakan perjanjian lisensi. Sebagai contoh salah satunya adalah Animation International Ltd. yang memiliki kantor perwakilan di banyak negara termasuk Indonesia, yaitu Animation International Indonesia (AI Indonesia).

 

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

 

Dasar Hukum:

1.    Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta;

2.    Japan Copyright Act 2014;

3.    Berne Convention for the Protection of Literary and Artistic Works.

 

 

 

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
MITRA : IPAS Institute
Konsultan Hak Kekayaan Intelektual pada Intellectual Property Advisory Services (IPAS) Institute
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua