Jumat, 31 August 2018

Hak Cipta Aplikasi yang Dibuat di Luar Jam Kerja

Hak Cipta Aplikasi yang Dibuat di Luar Jam Kerja

Pertanyaan

Halo, perkenalkan saya adalah salah seorang programmer di sebuah perusahaan. Jika tertulis di kontrak yang berbunyi kurang lebih semua penemuan dan HKI yang dihasilkan karyawan selama masa kerja menjadi milik perusahaan, jika saya membuat aplikasi yang ide dan proses bisnisnya sangat berbeda dengan perusahaan saya, dan saya mengerjakan hal itu di luar jam kerja serta tidak memakai perangkat ataupun fasilitas dari perusahaan: 1) Apakah perusahaan dapat menuntut hak cipta dari aplikasi saya menjadi milik perusahaan? 2) Tuntutan hukum apa yang dapat diberikan untuk pasal tersebut? 3) Jika ada pasal di kontrak yang menyebutkan karyawan dilarang melakukan kegiatan profesional tanpa izin perusahaan, apakah membuat aplikasi tersebut juga melanggar pasal tersebut?  4) Dan apakah konsekuensinya, apakah hanya dikeluarkan atau perusahaan dapat menuntut ganti rugi? Terima kasih.

Ulasan Lengkap

 
Pertanyaan Anda tampaknya lebih mencakup pada persoalan perjanjian kerja daripada persoalan hak cipta dari suatu karya.
 
Mengenai persoalan cakupan pekerjaan dalam perjanjian kerja, tentunya harus dibaca secara teliti dari perjanjian kerja yang telah ditandatangani. Dalam suatu perjanjian kerja tentu di dalamnya mencakup juga peraturan perusahaan yang wajib dipatuhi oleh karyawan.
 
Sebagaimana Anda jelaskan bahwa dalam perjanjian kerja antara Anda dengan perusahaan terdapat klausula “semua penemuan dan hak atas kekayaan intelektual yang dihasilkan karyawan selama masa kerja, menjadi milik perusahaan”. Hal tersebut pada dasarnya tidak bertentangan dengan aturan yang terdapat dalam Pasal 36 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (“UU Hak Cipta”) yaitu:
 
Kecuali diperjanjikan lain, Pencipta dan Pemegang Hak Cipta atas Ciptaan yang dibuat dalam hubungan kerja atau berdasarkan pesanan yaitu pihak yang membuat Ciptaan.
 
 
Selain itu, di antara peraturan perusahaan sebagaimana dijelaskan sebelumnya, juga diatur mengenai waktu kerja karyawan.
 
Pasal 77 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”) mengatur bahwa setiap pengusaha wajib melaksanakan ketentuan waktu kerja. Dalam Pasal 77 ayat (2) UU Ketenagakerjaan diatur juga bahwa waktu kerja meliputi:
  1. 7 (tujuh) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu; atau
  2. 8 (delapan) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.
 
Masa kerja yang dimaksud dalam peraturan perusahaan tentunya merujuk kepada aturan mengenai waktu kerja karyawan. Karyawan bukan tidak punya lagi kehidupan pribadi. Setiap orang yang memiliki keahlian, tentu saja boleh menerapkan keahliannya untuk mengisi waktu pribadinya sepanjang tidak melanggar kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak lain. Dalam hal ini keahlian Anda sebagai programmer, membuat Anda menghasilkan suatu program komputer yang memiliki hak cipta. Sepanjang program komputer tersebut dihasilkan di luar dari waktu kerja dan tidak menggunakan fasilitas perusahaan, seharusnya hal tersebut tidak menjadi masalah. Perusahaan tidak bisa membatasi kreativitas individu seseorang di luar dari tanggung jawabnya pada pekerjaan.
 
Hak cipta dari suatu karya yang dihasilkan di luar waktu kerja dan tidak mempergunakan fasilitas perusahaan serta tidak bertentangan dengan perjanjian yang telah ditandatangani dengan perusahaan tempat Anda bekerja, sepenuhnya adalah milik Anda.
 
Yang menjadi hal penting untuk diperhatikan kemudian adalah justru mengenai larangan melakukan kegiatan profesional tanpa izin perusahaan. Penciptaan program komputer tadi yang tidak bertujuan untuk dikomersialkan atau untuk dipakai sendiri, tidak melanggar peraturan perusahaan. Akan tetapi apabila kemudian program komputer yang Anda hasilkan dikomersialkan, di situlah terjadi pelanggaran peraturan perusahaan sekaligus pelanggaran perjanjian kerja.  
 
Sanksi atas pelanggaran peraturan perusahaan atau pelanggaran perjanjian kerja biasanya termuat dalam perjanjian kerja itu sendiri. Anda dapat membacanya dalam perjanjian kerja yang dibuat antara perusahaan dengan Anda.
 
Demikian jawaban saya. Terima kasih. 
 
Dasar hukum:

 

Kembali ke Intisari

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
MITRA : IPAS Institute
Konsultan Hak Kekayaan Intelektual pada Intellectual Property Advisory Services (IPAS) Institute
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua