PENJELASAN

UNDANG-UNDANG DARURAT REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 24 TAHUN 1957

TENTANG

MENGUBAH UNDANG-UNDANG DARURAT NO. 15 TAHUN 1957 (LEMBARAN NEGARA 1957 NO. 62) TENTANG KEDUDUKAN KEUANGAN KETUA, WAKIL KETUA DAN ANGGOTA KONSTITUANTE

 

Undang-undang Darurat ini tidak mengandung sesuatu perubahan atau penyimpangan prinsip tetapi hanya memuat pembetulan atau penyempurnaan daripada redaksi, sehingga sesuai dengan cara perhitungan keuangan yang lazim, karena pasal 6 dari Undang-undang Darurat No.15 tahun 1957 itu membawa kesukaran berhubung dengan redaksi dari anak kalimat yang berbunyi: "atau yang kurang dari 30 (tiga puluh) hari."

Berhubung masa sidang dan reses itu selalu ganti berganti berurutan, maka suatu masa sidang yang dimulai atau berakhir dalam suatu bulan yang tidak penuh itu tidak dapat dihitung menjadi bulat satu bulan, karena jumlah hari-hari kekurangannya dari bulan itu adalah termasuk masa reses atau sebaliknya.

Oleh karena penghasilan para Anggota yang tidak duduk dalam Panitia Persiapan Konstituante atau Panitia Rumah Tangga dalam masa sidang dan masa reses itu berlainan, maka untuk hari-hari dalam masa sidang dan masa reses itu yang kurang dari satu bulan harus masing-masing dihitung sendiri-sendiri secara proporsionil.

Perhitungan ini berlaku surut sesuai dengan mulai berlakunya Undang-undang Darurat No. 15 tahun 1957.