Kompleksitas Hukum Telemedis di Indonesia

Kompleksitas Hukum Telemedis di Indonesia

Dari aspek legalitas hingga perlindungan konsumen.
Kompleksitas Hukum Telemedis di Indonesia

Selalu ada berkah bersama dengan musibah. Termasuk di tengah pandemi global Covid-19. Situasi berbulan-bulan belakangan menjadi semacam golden moment aplikasi penyedia konsultasi dokter. Jenis pelayanan ini umum dikenal sebagai telemedis. Meski sebenarnya lebih tepat disebut telekonsultasi klinis. Kondisi darurat kesehatan saat ini mendukung promosi yang jelas menguntungkan aplikasi telemedis. Namun, perlu diingat bahwa regulasi untuk teknologi pelayanan kesehatan ini masih jauh dari standar yang “sehat”.

Dilansir dari publikasi resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan telah menggandeng Aliansi Telemedik Indonesia (Atensi) sejak 19 Maret 2020 lalu. Hanya sekitar dua pekan sejak pasien Covid-19 pertama diumumkan Pemerintah. Sebanyak dua belas perusahaan digital anggota Atensi menjadi mitra Pemerintah.

Secara terpisah, Kementerian Kesehatan menggandeng dua perusahaan transportasi online besar sebagai mitra. Dua perusahaan teknologi yang selama ini juga telah menjalankan fitur telemedis terintegrasi dengan dua anggota Atensi. Kerja sama tersebut memanfaatkan aplikasi telemedis yang berbasis internet untuk memperluas pelayanan akibat Covid-19. Mulai dari edukasi untuk siap siaga hingga berkonsultasi langsung dengan dokter secara online. Gugus Tugas bahkan mendorong masyarakat untuk menggunakannya sebagai langkah praktis.

Hanya satu bulan sejak kasus Covid-19 diumumkan masuk ke Indonesia, akses yang tercatat hingga awal April diklaim mencapai belasan juta. Gugus Tugas merujuk data yang dihimpun Kementerian Kesehatan hingga minggu pertama bulan April.  Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kala itu, Doni Monardo membuat pernyataan publik yang tersebar luas, "Berdasarkan laporan Menteri Kesehatan, ada 15 juta orang mengakses telemedicine sehingga membantu berkurangnya jumlah pasien yang datang ke Rumah Sakit."

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional