Pandangan Para Ahli tentang Hukum Islam

Pandangan Para Ahli tentang Hukum Islam

Khususnya dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia. Tidak sampai satu persen dari total ribuan undang-undang yang ada, hampir semuanya lahir setelah era reformasi.
Pandangan Para Ahli tentang Hukum Islam

Hukum Islam di Tanah Air sudah ada jauh sebelum Republik Indonesia ada. Tepatnya sejak ada nenek moyang bangsa Indonesia yang memeluk Islam. Walaupun tumbuh subur dianut mayoritas suku bangsa Indonesia, Indonesia justru dibangun sebagai identitas bersama semua agama dan suku bangsa. Semboyannya Bhinneka Tunggal Ika. Dikutip langsung dari ajaran toleransi antara Hindu dengan Buddha peninggalan Kerajaan Majapahit. Indonesia jelas bukan hanya milik pemeluk Islam.

“Indonesia ini bukan negara Islam namun negara religius. Undang-Undang Dasar 1945 adalah the most godly constitution in the world,” kata Jimly Asshiddiqie, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2003-2008 menjelaskan. Ia adalah Ketua MK pertama saat dibentuk 17 tahun lalu.

Jimly pernah membandingkan dengan 200 lebih konstitusi di dunia. Hasilnya, konstitusi Indonesia yang paling banyak menyebut tentang Ketuhanan, iman, sikap takwa, bahkan nama Allah yang dikenal dalam Islam dan Kristen. Dampaknya, tatanan hukum nasional sangat terbuka terhadap nilai dan norma agama yang hidup di Indonesia sebagai sumber. “Negara Pancasila itu Berketuhanan Yang Maha Esa, hanya saja Tuhannya bukan milik satu golongan agama, tetapi milik semua agama,” kata Jimly yang saat ini menjabat Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Jimly menegaskan bahwa kelanjutan eksistensi hukum islam sebagai konsekuensi dasar negara Pancasila. Sebuah konsep kunci yang disepakati founding fathers dari beragam kalangan agama dan suku bangsa.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional