Melacak Status Dewasa yang Ambigu dalam Hukum Indonesia

Melacak Status Dewasa yang Ambigu dalam Hukum Indonesia

Hampir pasti umur dewasa Warga Negara Indonesia di mata hukum adalah 18 tahun. Namun, belakangan Mahkamah Agung membatalkannya. Kapan Warga Negara Indonesia menjadi dewasa masih jadi misteri.
Melacak Status Dewasa yang Ambigu dalam Hukum Indonesia
Sumber: Shutterstock

Pada umur berapa seorang Warga Negara Indonesia dinyatakan dewasa secara hukum? Tidak pasti. Padahal, kejelasan batas umur dewasa seseorang sangat penting untuk menentukan keabsahan dan dampak perbuatannya berdasarkan hukum. Fakta menunjukkan pengaturan status dewasa dalam berbagai undang-undang di Indonesia terlihat tidak seragam.

Kondisi tidak pasti ini seolah menunjukkan bukan angka umur tertentu yang menjadi patokan utama keabsahan berbagai perbuatan hukum Warga Negara Indonesia. Pertanyaan lainnya, apa gunanya bagi Indonesia terus membiarkan perbedaan pengaturan batas umur dewasa seperti itu?

Konsep umur dewasa dalam hukum dihubungkan dengan kemampuan seseorang untuk menyadari sepenuhnya akibat dari tindakannya. Pembuat undang-undang menggunakan asumsi bahwa orang yang mencapai umur tertentu sudah bisa menyadari tindakannya beserta akibatnya. Ia dianggap sudah bisa bertanggung jawab penuh di mata hukum untuk segala akibat yang ditimbulkan. Di sisi lain, mereka yang belum memiliki kemampuan itu perlu diberikan perlindungan hukum.

Perlu dicatat, kedewasaan di mata hukum ini tidak menjamin kematangan emosional secara menyeluruh menurut acuan psikologi. Sejak awal pengaturan umur dewasa hanya menjadi patokan umum demi menjamin kepastian tanggung jawab subjek hukum dalam penegakan hukum.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional