Filosofi Irah-Irah Putusan Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa

Filosofi Irah-Irah Putusan Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa

Kekuatan eksekutorial putusan terkandung dalam irah-irah. Keadilan yang hendak ditegakkan adalah keadilan bernilai Ketuhanan.
Filosofi Irah-Irah Putusan Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa
Ilustrasi putusan hakim. Foto: RES

Apa sebenarnya arti hakim membuat hukum, judges made law? Pertanyaan itu dilontarkan dan dijawab sendiri Moh. Mahfud MD saat menjadi pembicara kunci dalam diskusi tentang 'Peran Putusan Hakim dalam Pembentukan Hukum Nasional'. Dalam diskusi yang diselenggarakan dalam rangka 80 tahun Bagir Manan itu, Mahfud banyak menyinggung betapa pentingnya putusan hakim membentuk hukum. “Artinya, putusan hakim itu menjadi hukum yang setara dengan undang-undang,” tegasnya.

Bahkan, Mahfud melanjutkan, di negara-negara Anglo Saxon, putusan hakim dapat dianggap lebih tinggi dari undang-undang. Apabila putusan hakim bertentangan dengan undang-undang, putusan hakimlah yang diikuti. Guru Besar Fakultas Hukum UII Yogyakarta itu lantas mengutip pedoman ilmu fikih hukmul hakim yarfa’ul ikhtilaf: putusan hakim itu menghilangkan perbedaan. “Setuju atau tidak setuju, putusan hakim itu mengikat,” tegasnya (26/8/2021).

Demikianlah pentingnya putusan di mata hukum. Putusan itu mahkotanya hakim. Publik acapkali menilai menilai seorang hakim dari putusan-putusan yang dihasilkannya. Putusan adalah produk hukum yang dihasilkan pengadilan, yang dibuat hakim-hakim yang memeriksa dan memutus perkara. Suatu putusan mengikat bukan saja pihak yang berperkara, tetapi bisa juga pihak lain yang mendapatkan hak dari pihak yang kalah (lihat putusan MA No. 212 K/Sip/1953 tanggal 9 November 1955).

Dalam suatu putusan dituangkan banyak informasi sebagai panduan bagi aparat penegak hukum yang bertugas mengeksekusinya, atau bagi warga yang ingin membacanya. Dalam hukum pidana, standar minimal kandungan suatu putusan dimuat dalam Pasal 197 ayat (1) KUHAP.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional