Bootcamp Hukumonline 2021

Memahami Cyber Law, Cyber Crime, dan Strategi Perlindungan Data Pribadi

Online Bootcamp ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai cyber law, cyber crime, dan perlindungan data pribadi

SF/FD

Bacaan 2 Menit

Pemaparan dari Bapak Raditya Kosasih dan Bapak Brahmantyo
Pemaparan dari Bapak Hendri Sasmita dan Bapak Iqsan Sirie
Pemaparan dari Bapak Hendri Sasmita dan Bapak Iqsan Sirie

Ditengah situasi genting terkait Covid-19 (virus corona) Hukumonline.com menerapkan Kerja Dari Rumah (KDR) / Work From Home (WFH) sebagai salah satu langkah social distancing guna mencegah dan mengurangi angka penyebaran. Untuk itu Hukumonline.com mengubah untuk waktu yang belum ditentukan, Pelatihan atau workshop yang diadakan tatap muka ke dalam bentuk online atau webinar.

Hukumonline.com telah mengadakan Bootcamp dengan topik "Memahami Cyber Law, Cyber Crime, dan Strategi Perlindungan Data Pribadi"pada 19 Oktober 2021, 21 Oktober 2021, dan 26 Oktober 2021 yang ditujukan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai cyber law, cyber security, dan perlindungan data pribadi.

Bootcamp ini disampaikan oleh:

  • Teguh Arifiyadi, Kementerian Kominfo dan Ketua Umum Indonesian Cyber Law Community (ICLC)
  • Raditya Kosasih, Asosiasi Praktisi Pelindungan Data Indonesia(APPDI)
  • Brahmantyo Suryo Satwiko, Asosiasi Praktisi Pelindungan Data Indonesia(APPDI)
  • Muhammad Iqsan Sirie, Asosiasi Praktisi Pelindungan Data Indonesia(APPDI)
  • Hendri Sasmita, Koordinator Tata Kelola Perlindungan Data Pribadi,Kementerian Kominfo

Dengan sub materi Sesi I Pemahaman Dasar Cyber Law, Cyber Security, dan Cyber Crime: Internet dan Cyber Space; Cyber Law: Sebuah Rezim Hukum Baru; Over the Top (OTT) di Era Konvergensi TIK; Cyber Security Compliance; Memahami Konsep Dasar Cyber Crime; Tindak Pidana Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik; Upaya Perlindungan terhadap Kejahatan Siber; Studi Kasus dalam upaya Kejahatan Siber.

Sesi II Pemahaman Perlindungan Data Pribadi: Konsep Dasar Privasi dan Pelindungan Data Pribadi; Peran Data Protection Officer; Kerangka Hukum dan RUU PDP; Strategi Implementasi Peraturan PDP dan Manajemen Krisis Serangan Siber.

Sesi III Tata Kelola Data Pribadi dan Upaya Perlindungan: Definisi dan Batasan Data Pribadi; Sistem Elektronik Pengelola Data Pribadi; Kewajiban PSE yang Mengelola Data Pribadi; Sengketa dan Sanksi; Arah Kebijakan Perlindungan Data Pribadi; Mitigasi risiko dan metode penyelenggaraan kebijakan terkait perlindungan data pribadi; Analisis Celah dan Penilaian Risiko dalam Sistem Keamanan Siber dan Studi Kasus dalam Perlindungan Data Pribadi.

Secara umum, Bootcamp berjalan dengan baik, dimana seluruh peserta antusias dalam berdiskusi dan tanya jawab. Bootcamp telah dilaksanakan pada 19 Oktober 2021, 21 Oktober 2021, dan 26 Oktober 2021 lalu.

--------------------------------------------------------

Jika anda tertarik dengan notulensi Bootcamp ini, silahkan hubungi kami via email ke [email protected] Notulensi Bootcamp ini tersedia gratis bagi pelanggan Hukumonline.com*.

*syarat dan ketentuan berlaku