Senin, 04 April 2011
Perancangan & Analisis Kontrak Bisnis yang Sah dan Berkepastian Hukum
Bagaimanakah merancang suatu kontrak bisnis yang sah dan berkepastian hukum?
Project

Kontrak bisnis merupakan bagian dari strategi perusahaan yang mengambil peranan penting. Kebutuhan akan pembuktian kontrak dalam hubungan bisnis semakin meningkat tajam sejalan dengan berkembangnya tuntutan akan kepastian hukum dalam berbagai hubungan ekonomi dan sosial. Hal ini dikarenakan setiap kontrak bisnis mengandung jerat dan risiko hukum yang harus dipahami sebagai strategi perusahaan dalam upaya perlindungan untuk memenuhi kebutuhannya.

 

Setiap perancang atau penyusun kontrak harus memahami bahwa dengan suatu kontrak, mereka membuat suatu undang-undang yang mengikat para pihak. Hal tersebut sejalan dengan pasal 1338 KUHPerdata yang berbunyi “Semua Perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai Undang-Undang bagi mereka yang membuatnya”.

 

Setiap perancang atau penyusun kontrak harus berpikir secara matang hal-hal yang harus terdapat dalam suatu kontrak. Mereka harus memiliki kemampuan dasar dalam pemeriksaan dan penyusunan pra-dokumen dan mengenali jenis-jenis kontrak bisnis sebelum menyusun kontrak itu sendiri. Mereka pun harus jeli memilah-milah kata agar menjadi kalimat hukum yang diinginkan para pihak.

 

Untuk membuat suatu kontrak perancang atau penyusun harus memperhatikan, memahami dan mengerti bentuk formil kontrak, isi dan asas-asas yang terkandung di dalamnya. Rangkaian kata-kata yang membentuk suatu klausula mengambil peranan yang sangat penting dalam suatu kontrak. Hal-hal yang bersifat sumir dalam suatu kontrak yang disebabkan oleh kekeliruan dalam merumuskan suatu kalimat dapat menimbulkan akibat hukum yang fatal, karena kerugiannya tidak terbatas dan menghambat roda bisnis, bahkan permasalahan tersebut dapat sampai bermuara ke kasus pidana atau perdata.

 

Untuk itulah, keterampilan untuk menganalisis dan merancang kontrak bisnis yang sah dan berkepastian hukum merupakan bagian dari manajemen resiko dalam pelaksanaan aktivitas bisnis. Hal tersebut betul-betul harus dipahami oleh setiap perancang kontrak. Penalaran hukum terhadap setiap klausula kontrak harus menjadi bagian keterampilan yang mendarah daging di dalam diri setiap perancang kontrak.

 

Pentingnya ketrampilan untuk merancang dan menganalisis kontrak dan ditambah dengan banyaknya permintaan dari para pembaca serta pelanggan hukumonline.com, maka hukumonline.com kembali mengadakan pelatihan mengenai perancangan kontrak. Kali ini, pelatihan hukumonline mengangkat judul Pelatihan hukumonline 2011: Perancangan & Analisis Kontrak Bisnis yang Sah dan Berkepastian Hukum. Pelatihan ini telah diselenggarakan pada:

 

Waktu & Tempat Kegiatan:

·      Hari/Tanggal : Rabu, 27 April 2011

·      Pukul           : 08.30 – 13.00 WIB

·      Tempat        : Menara Cakrawala (Skyline Building), 19th Floor Jl. MH. Thamrin No. 9, Jakarta Pusat 10340

 

Pembicara:

Ricardo Simanjuntak, S.H., LL.M., AnZIIf., CIP.

Partner, Ricardo Simanjuntak & Partners

 

Jika anda tertarik dengan notulensi seminar ini, silahkan  hubungi kami via email ke talks(at)hukumonline(dot)com. Notulensi seminar ini tersedia gratis bagi pelanggan hukumonline.com*.

*syarat dan ketentuan berlaku

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua