Senin, 11 Juni 2012
Strategi Penyusunan Perjanjian Kerja Bersama dan Teknik Negosiasi dalam Perselisihan Industrial II
Teknik Penyusunan Perjanjian Kerja Bersama serta Strategi Dan Simulasi Negosiasi dalam Penyusunan Perjanjian Kerja Bersama dan Perselisihan Industrial
AS/Project

 

 

Menurut Michael Newman, negosiasi adalah “proses dimana dua atau lebih kelompok yang mempunyai kepentingan yang sama atau berbeda berkumpul bersama untuk pencapaian kesepakatan” (Michael Newman, Effective Negotiation Practices and Strategies: The Federal Lawyer).

Format negosiasi yang paling berat adalah melakukan negosiasi atas nama perusahaan yang kemudian akan dicantumkan dalam Perjanjian Kerja Bersama ("PKB") atau Collective Bargaining Agreement ("CBA"). PKB adalah semua perjanjian tertulis sehubungan dengan kondisi-kondisi kerja yang diakhiri dengan penandatanganan oleh pengusaha, kelompok pengusaha atau satu atau lebih organisasi pekerja atau perwakilan dari pekerja yang telah disahkan melalui peraturan dan hukum nasional (ILO Recommendation No. 91 paragraf 2).

Di sisi lain, PKB mengikat pihak-pihak yang bertanda tangan di dalamnya dan secara otomatis Peraturan Perusahaan (PP) tidak berlaku lagi dengan adanya PKB, kecuali nilai dari PP tersebut lebih tinggi daripada yang tercantum di dalam PKB (ILO Recommendation 91 paragraf 3 (1), (2) dan (3)). PKB akan berfungsi secara efektif bila kedua belah pihak melaksanakan dengan prinsip itikad baik dan sukarela (the principle of good faith and voluntary bargaining). Oleh karena itu, keahlian dalam bernegosiasi sangatlah penting mengingat PKB merupakan hasil langsung dari negosiasi antara pengusaha dengan pekerja. 

Untuk menyusun dan menegosiasikan PKB (ataupun PP) yang ideal dan menguntungkan kedua belah pihak, maka www.hukumonline.com mengadakan pelatihan “Strategi Penyusunan Perjanjian Kerja Bersama dan Teknik Negosiasi dalam Perselisihan Industrial”.

Dalam membahas tema tersebut, hukumonline.com mengundang beberapa pengajar yang ahli dalam bidangnya:

1. Umar Kasim, S.H., M.H., CN. (Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi) yang memaparkan mengenai penyusunan Perjanjian Kerja Bersama dari Segi Hukum, termasuk di dalamnya Teknik Serta Simulasi Penyusunan Perjanjian Kerja Bersama;

2. A. Kemalsjah Siregar, S.H. (Kemalsjah & Associates) yang memaparkan mengenai Teknik serta Simulasi Negosiasi dalam Penyusunan Perjanjian Kerja Bersama dan Perselisihan Industrial;

Secara keseluruhan, pelatihan berjalan dengan lancar. Para peserta tidak hanya diberikan materi yang praktis dan dapat diterapkan, namun juga dilibatkan dalam simulasi dan strategi dalam menangani berbagai kondisi. Kombinasi menarik antara teori dari Umar Kasim dan ilmu praktis dari Kemalsjah Siregar mendorong para peserta untuk lebih antusias dan kritis dalam berbagai sesi pelatihan. Pelatihan yang dihadiri oleh 46 peserta ini telah sukses terselenggara di Gedung Pusdilkat Perum Bulog, Jl. Kuningan Timur Blok M2 No.5 Kuningan-Jakarta pada 4-5 Juli 2012.

------------

Jika anda tertarik dengan notulensi diskusi ini, silahkan  hubungi kami via email ke talks(at)hukumonline(dot)com. Notulensi diskusi ini tersedia gratis bagi pelanggan hukumonline.com*.

 

 

*syarat dan ketentuan berlaku

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua