Rabu, 30 October 2013
Implementasi Penuntutan Penggantian Upah Pekerja Pasca Putusan MK mengenai Pembatalan Daluwarsa
Memahami dan menyikapi Putusan MK tentang Pembatalan Daluwarsa pada Pengajuan Tuntutan Penggantian Upah Pekerja dalam UU Ketenagakerjaan
IJ

Mahkamah Konstitusi (MK), melalui putusan No. 100/PUU-X/2012, telah membatalkan Pasal 96 dalam UU Ketenagakerjaan yang mengatur daluwarsa hak pekerja/buruh untuk menuntut pengusaha membayar kekurangan hak dalam jangka waktu paling lama dua tahun. Putusan ini kemudian berpotensi menimbulkan polemik dalam bidang ketenagakerjaan. Pada satu sisi putusan ini memperkuat perlindungan hak pekerja namun pada sisi lain pengusaha akan dihadapkan pada tuntutan pekerja yang pernah merasa tidak terpenuhi haknya selama berlangsung hubungan kerja yang tidak lagi terbatasi jangka waktu (daluwarsa). Pemahaman pengusaha terhadap ruang lingkup dan implementasi putusan ini sangat diperlukan apabila kemudian akan berhadapan dengan tuntutan penggantian hak (upah) pekerja.

Oleh karena itu, Hukumonline.com telah menyelenggarakan Seminar Hukumonline 2013 “Implementasi Penuntutan Penggantian Upah Pekerja Pasca Putusan MK mengenai Pembatalan Daluwarsa” pada tanggal 30 Oktober 2013 dengan mendatangkan narasumber yang memiliki latar belakang sebagai regulator, penegak hukum, dan praktisi yang terdiri dari:

  1. Reytman Aruan, S.H., M.Hum, CDr. (Kasubdit Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Kemenakertrans);
  2. Juanda Pangaribuan (Hakim Ad-Hoc Pengadilan Hubungan Industrial);
  3. Kemalsjah Siregar (Partner, Kemalsjah & Associates)

 

Acara seminar berlangsung lancar dimana terjadi interaksi yang sangat aktif antara narasumber dan peserta, misalnya terkait dampak Putusan MK No. 100/2012 terhadap kepastian hukum, strategi bagi pengusaha agar tidak mengalami tuntutan penggantian hak pekerja, keberlakuan  Putusan MK Putusan MK No. 100/2012 dalam arti retroaktif atau prospektif, serta isu terkait lainnya dalam ketenagakerjaan yang memperdalam pemahaman dan keterampilan para peserta terhadap Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia. Acara ini dipersembahkan oleh hukumonline.com yang diselenggarakan di Avara Lounge & Convention Hall, Epicentrum Walk – Jakarta Selatan.

---------------------------------------------------------------

Jika anda tertarik dengan notulensi seminar ini, silahkan hubungi kami via email ke talks(at)hukumonline(dot)com. Notulensi pelatihan ini tersedia gratis bagi pelanggan hukumonline.com*.

*syarat dan ketentuan berlaku

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua