Kamis, 05 Juni 2014
Kewajiban Pemberi Kerja Pasca Dibentuknya BPJS Kesehatan
Pemahanan terhadap kewajiban pemberi kerja untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS Kesehatan
GNS/DP
Pemahanan terhadap kewajiban pemberi kerja untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS Kesehatan menjadi penting karena yang menjadi peserta BPJS adalah setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, yang telah membayar iuran (Pasal 1angka 3 UU 24/2011). Hal ini berarti menjadi peserta BPJS Kesehatan bersifat wajib dan mencakup seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan yang dimaksud dengan pekerja adalah :
  • Orang, persekutuan atau badan hukum yang menjalankan suatu perusahaan milik sendiri;
  • Orang, persekutuan atau badan hukum yang secara berdiri sendiri menjalankan perusahaan bukan miliknya;
  • Orang, persekutuan, atau badan hukum yang berada di Indonesia, mewakili perusahaan yang berkedudukan di luar wilayah Indonesia.

Bahwa terdapat sanksi yang mengikuti apabila pemberi kerja tidak mendaftarkan pekerjanya untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 5 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2013 Tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif Kepada Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara dan Setiap Orang, Selain Pemberi Kerja, Pekerja, dan Penerima Bantuan Iuran Dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial yang menyatakan bahwa Pemberi kerja selain penyelenggara negara dan setiap orang, selain pemberi kerja, pekerja, dan penerima bantuan, yang tidak mendaftarkan dirinya, pekerjanya dan keluarganya kepada BPJS, atau tidak memberikan data secara lengkap dan benar akan dikenai sanksi administratif. Sanksi administratif dapat berupa: a. Teguran tertulis; b. Denda; dan/atau c. Tidak mendapat pelayanan publik tertentu.

Hukumonline.com pada tanggal 4 Juni 2014 telah mengadakan Diskusi Panel dengan tema“Kewajiban Pemberi Kerja Pasca Dibentuknya BPJS Kesehatan”. Narasumber dalam diskusi panel ini adalah:
·         Ikhsan (Kepala Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan)
·         Timoer Sutanto (Ketua Bidang Jaminan Sosial Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO))

Diskusi Berlangsung dengan baik serta interaktif, kedua narasumber dalam menyampaikan materi diskusi dengan jelas dan dalam sesi tanya jawab, peserta sangat interaktif dalam mengikuti sesi tersebut.

_ _ _ _ _ _ _

Jika anda tertarik dengan notulensi diskusi ini, silahkan hubungi kami via email ke talks(at)hukumonline(dot)com Notulensi ini tersedia gratis bagi pelanggan hukumonline.
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua