Kamis, 11 June 2015
Teknik Penyelesaian Sengketa Hubungan Industrial dan Metode Penyusunan Berkas Perkara di Pengadilan Hubungan Industrial (Angkatan Ketiga)
Tata cara menyelesaian perselisihan hubungan industrial
GNS/FD
Perselisihan Hubungan Industrial adalah perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh karena adanya perselisihan mengenai hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja dan perselisihan antar seikat pekerja/serikat buruh dalam satu perusahaan. Sedangkan pengadilan yang berwenang memerikasa, mengadili dan memberi putusan terhadap perselisihan hubungan industrial disebut Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Penyelesaian perselisihan hubungan industrial tahap awalnya adalah dilakukan dengan bipartit yang kemudian dapat dilanjutkan  melalui konsiliasi, mediasai, arbritase dan Pengadilan Hubungan Industrial. Produk hukum penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui bipartit adalah perjajian bersama, bila mediasi/konsiliasi adalah anjuran dan apabila melalui aribtrase dan PHI adalah putusan. Walaupun produk hukum dari mediasi adalah berupa anjuran, namun terdapat fungsi penting dari mediasi, yaitu sarana mengetahui siapa yang mencatatkan perselisihan, memberi solusi penyelsaian perselisihan, modal hukum masuk ke PHI, sana menentukan pihak yang boleh masuk ke PHI, saran menentukan jenis perselisihan dan mengetahui masa daluarsa.

Karena penting untuk mengatahui dan memahami secara mendalam mengenai perselisihan hubungan industrial dan bagaimana menyelesaian perselisihan hubungan industrial, maka hukumonline.com, pada Selasa-Rabu, 9-10 Juni 2015, kembali mengadakan Pelatihan Hukumonline 2015 yang mengangkat judul “Teknik Penyelesaian Sengketa Hubungan Industrial dan Metode Penyusunan Berkas Perkara di Pengadilan Hubungan Industrial”, yang bertempat di Hotel Aryduta, Tugu Tani-Jakarta Pusat dan pelatihan ini merupakan angkatan yang ketiga. Narasumber Pelatihan ini adalah :
 
Juanda Pangaribuan
(Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial Jakarta Pusat)
 
Pelatihan selama dua (2) hari ini berjalan dengan sangat interaktif. Narasumber menyampaikan materi dengan dengan disertai contoh-contoh permasalahan yang terjadi dalam praktek. Para peserta juga saling bertukar pengalaman terkait dengan perselisihan hubungan industrial. Narasumber juga memberikan contoh-contoh draft perjanjian bersama, surat gugatan hingga surat kuasa khusus.
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua