Selasa, 18 April 2017
Memahami Cyber Law, Cyber Crime, dan Digital Forensic Dalam Sistem Hukum Indonesia (Disertai Simulasi dan Praktik) (Angkatan Keempat)
Memahami hukum siber di Indonesia dan implementasinya
AW/GNS/ES
Tanda tangan digital bukan berbentuk image tanda  tangan, tetapi berbentuk file digital yang unik, yang verifikasinya tanda tangan digital menggunakan aplikasi. Tanda tangan elektronik memiliki keuatan hukum dan akibat hukum yang sah selama memenuhi persyaratan : a. data pembuatan tanda tangan elektronik terkait hanya kepada penanda tangan; b. data pembuatan tanda tangan elektronik pada saat proses penandatanganan elektronik hanya berada dalam kuasa penda tangan; c. segala perubahan terhadap tanda tangan elektronikyang terjadi setelaj waktu penandatangan dapat diketahui; d. segala perubahan terhadap informasi elektronik yang terkait dengan tanda tangan elektronik tersebut setelah waktu penandatanganan dapat diketahui; e. terdapat cara tertentu yang dipakai untuk mengidentifikasi siapa penandatangannya; dan terdapat cara tertentu untuk menunjukkan bahwa penanda tangan telah memberikan persetujuan terhadap informasi elektronik yang terkait.

Pembahasan tentang tanda tangan elektronik ini merupakan bagian dari Pelatihan Hukumonline.com 2017 “Memahami Cyber Law, Cyber Crime dan Digital Forensic  Dalam Sistem Hukum Indonesia (Disertasi Simulasi dan Praktik)". Pelatihan  2 (dua) hari ini merupakan hasil kerjasama Hukumonline.com dengan Indonesia Cyber Law Community merupakan angkatan yang keempat dan telah diselenggarakan pada Selasa-Rabu, 9-10 Mei 2017 bertempat di Fraser Place, Setiabudi-Jakarta Selatan.

Narasumber pada Pelatihan merupakah pakar dan ahli dalam dunia siber, yaitu :
  • Teguh Arifiyadi, S.H.,M.H.,CHFI (Ketua Umum Indonesia Cyber Law Community);
  • Riki Arif Gunawan (Praktisi Tanda Tangan Elektronik); dan
  • Raditya Iryandi (Praktisi Keamanan Informasi).
Dalam Pelatihan ini membahas mengenai pemahaman dasar sistem elektronik dan Tranksaksi Elektonik, termasuk tentang internet dan cyber space, over the top (OTT) dan rezim hukum siber. Tidak hanya itu dibahas juga mengenai tanda tangan elektronik secara komprehensif serta tindak panda ITE dan digital forensic serta cyber crime atau kejahatan siber yang mengupas tentang trend dan modus cyber crime di Indonesia.
 
Narasumber
Raditya Iryandi
Praktisi Keamanan Informasi
Riki Arief Gunawan
Indonesia Cyber Law Community
Teguh Arifiyadi, S.H., M.H.
Indonesia Cyber Law Community
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua